Kemdagri Arahkan 548 Disdukcapil “Serbu” KemenPAN-RB Ikut Sinovik

infobumi.com, Jakarta – Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh mewajibkan seluruh Dinas Dukcapil provinsi maupun kabupaten/kota untuk ambil bagian dalam Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) atau Sinovik yang diselenggarakan oleh Kementerian PANRB.

“Semuanya 514 kabupaten/kota dan 34 provinsi saya wajibkan semua submit, mengirim proposal ke kantor Menteri PANRB mendaftarkan inovasinya,” tutur Zudan dalam acara Dukcapil Belajar Seri 13, Jumat (1/4/2022).

Dirjen Zudan juga memberikan semangat agar percaya diri dengan inovasi yang dimiliki setiap Dinas Dukcapil.

“Yang tahun lalu kalah masih di 90 terbaik, masukkan lagi. Yang sudah masuk top 45, masukkan di kategori khusus. Jadi kita serbu panitia di kantor Menteri PANRB dengan 548 proposal, minimal,” lanjut Zudan.

Baca Juga:  Kemendagri, BNPP, dan BRI Tanda Tangani Nota Kesepahaman Penyediaan dan Pemanfaatan Layanan Perbankan Berbasis TI

Menurut Dirjen Zudan, banyak program dan kegiatan yang dapat diangkat ke dalam KIPP. Mulai dari kegiatan jemput bola, layanan terintegrasi, pelayanan penduduk disabilitas, ODGJ dan tidak hanya terbatas pada hal itu saja.

“Inovasi design ruangan yang membuat masyarakatnya hepi, pegawainya hepi, semangat kerjanya tinggi. Boleh itu disampaikan,” ungkap Zudan

Zudan juga berpesan agar tidak memikirkan menang atau kalah, yang terpenting berkarya dan inovasinya telah dicatatkan pada KIPP.

“Kita gencarkan inovasi bahwa ruh birokrasi kita di Dukcapil, ruhnya adalah inovasi,” tutup Zudan.

Puspen Kemendagri

(Red)