Dukung Produk Dalam Negeri, Kemendagri Gelar Indonesia Maju Expo & Forum 2022

infobumi.com, Jakarta- Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Politik dan Pemerintahan Umum (Pol & PUM) menggelar Indonesia Maju Expo & Forum 2022 bertajuk “Bangga, Cinta & Pakai Produk Indonesia” secara daring dan luring dari Jakarta Convention Center. Kegiatan yang berlangsung dari tanggal 26 hingga 29 Mei ini, memamerkan beragam produk dalam negeri dari lintas daerah, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), dan sejumlah pihak lainnya.

Dalam laporannya, Direktur Ketahanan Ekonomi, Sosial, dan Budaya Ditjen Pol & PUM La Ode Ahmad menuturkan, kegiatan tersebut merupakan kali kedua digelar oleh Ditjen Pol & PUM Kemendagri. Kegiatan ini merupakan bentuk dukungan Kemendagri terhadap Industri Kecil Menengah (IKM) serta UMKM agar tetap bertahan di tengah pandemi Covid-19.

Baca Juga:  Sekjen Kemendagri Minta Aparatur Pemerintahan Siap Pimpin Perubahan

“Melalui kegiatan seperti ini diharapkan terjadinya ketahanan pasar, ketahahan produksi, ketahanan perdagangan, yang pada ahirnya bermuara pada menjaga terwujudnya ketahanan nasional di masa pandemi Covid-19,” ujar La Ode saat memberi laporan pada pembukaan gelaran tersebut, Kamis (26/5/2022).

La Ode menuturkan, Indonesia Maju Expo & Forum 2022 ini diikuti oleh unsur kementerian dan lembaga, pemerintah daerah (pemda), pelaku usaha IKM dan UMKM, perbankan nasional, perusahaan swasta nasional, serta pelaku industri kecil lainnya.

Selain memamerkan berbagai produk dalam negeri, kegiatan tersebut juga diisi oleh forum diskusi yang menghadirkan sejumlah pembicara. Pembicara itu seperti dari Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Kementerian PPN/Bappenas, Kementerian Perindustrian, pemda, perusahaan swasta nasional, organisasi masyarakat dan profesi, serta narasumber lainnya.

Baca Juga:  Polri dan Polisi Selandia Baru Tandatangani Kerjasama Pencegahan dan Pemberantasan Kejahatan Transnasional

“Kiranya melalui kegiatan expo seperti ini dapat menjaga stabilitas dan kontraksi terhadap dampak ekonomi (akibat pandemi), dan upaya mendukung social safety net sebagaimana program-program pemerintah yang sudah dijalankan,” tandasnya.

Adapun kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendagri Suhajar Diantoro yang ditandai dengan membunyikan alat musik angklung. Dalam pembukaan itu, Suhajar didampingi oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Pol & PUM, Sekretaris Ditjen Pol & PUM, Direktur Ketahanan Ekonomi, Sosial, dan Budaya, serta beberapa pihak terkait lainnya.

Usai membuka acara, Suhajar beserta jajarannya kemudian mengunjungi setiap stan pameran yang berisi berbagai produk dalam negeri. Suhajar sempat mencicipi beberapa produk pangan, dan berbelanja sejumlah produk yang dipamerkan dalam kesempatan tersebut.

Baca Juga:  Dampingi Mendagri di Gorontalo, Dirjen Bina Keuda Sampaikan Arah Kebijakan APBD TA 2023

Puspen Kemendagri

(Red)