Muhammad Rizal DPR RI Daftarkan 300 Warga Jadi Peserta BPJS Ketenagakerjaan di Desa Kadu Curug

infobumi.com, KABUPATEN TANGERANG, – Muhammad Rizal anggota Komisi IX DPR RI dari fraksi PAN gelar kegiatan sosialisasi tentang program jaminan sosial BPJS ketenagakerjaan kepada masyarakat di Desa Kadu, Kecamatan Curug, Kabupaten Tangerang.

Kegiatan sosialisasi tersebut di gelar di gedung serba guna Desa Kadu, Selasa (15 Agustus 2023). Sekitar 300 peserta antusias mengikuti kegiatan sosialisasi tersebut.

Hadir sebagai narasumber kepala kantor cabang BPJS ketenagakerjaan kabupaten Tangerang yang di wakili oleh bidang kepesertaan ketenagakerjaan kabupaten Tangerang bapak Hergi beserta jajarannya. Hadir juga Kepala Desa Kadu Muhamad Asdiansyah.

Muhammad Rizal mengatakan bahwa kegiatan ini dalam rangka mengedukasi masyarakat tentang program jaminan sosial BPJS ketenagakerjaan. Karena BPJS Ketenagakerjaan merupakan salah satu program Pemerintah untuk membantu masyarakat dalam hak jaminan sosial.

Dewan Rizal menjelaskan BPJS Ketenagakerjaan itu memiliki lima program jaminan sosial, yakni Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Pensiun (JP) dan Jaminan kehilangan pekerjaan.

Baca Juga:  Kemendagri Raih Anugerah Kepatuhan Standar Pelayanan Publik 2022

“saya membantu mendaftarkan masyarakat menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, saya juga memberikan bantuan jaminan selama tiga bulan membayarkan iurannya, setelah itu masyarakat sendiri yang melanjutkan membayarnya.” jelas Muhammad Rizal Politisi PAN asal daerah pemilihan Banten III, Tangerang Raya.

Adapun program jaminan sosial yang di daftarkan yaitu Jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian. Bila mengalami kecelakaan kerja atau meninggal nantinya masyarakat mendapatkan santunan bantuan jaminan sosial dari BPJS Ketenagakerjaan.

“semoga apa yang kami lakukan dapat di rasakan manfaatnya oleh masyarakat, semoga masyarakat kita selalu dalam keadaan sehat,” ungkap rizal.

Selain itu Dewan Muhammad Rizal pun mengajak bagi masyarakat dan anak muda yang sedang mencari informasi lowongan ketenagakerjaan silahkan akses wabsite SIAPKerja Kementerian Ketenagakerjaan.

“disitu tersedia tentang lowongan pekerjaan, pelatihan, sertifikasi ataupun membangun bisnis, dan manfaatkan lainnya,” jelasnya.

Baca Juga:  Badan Litbang Kemendagri Terus Beri Motivasi Daerah agar Berinovasi

Dewan Rizal Pun mengingatkan masyarakat bila ada yang ingin bekerja keluar negeri agar berhati-hati, cek dahulu legalitas penyalurnya dan keresmiannya.

“Jangan sampai nantinya tertipu menjadi TKI ilegal, karena banyak sindikat dengan modus di iming-imingi gaji yang besar, oleh karena itu masyarakat harus berhati-hati,” ujarnya

Sementara itu Hergi dari BPJS ketenagakerjaan kabupaten Tangerang mengatakan semoga dengan adanya kegiatan sosialisasi ini masyarakat dapat mengetahui berbagai manfaat program jaminan sosial ketenagakerjaan.

Saat ini Peserta BPJS Ketenagakerjaan Kabupaten Tangerang sudah mencapai sekitar 300 ribuan peserta BPJSTK baik dari informal maupun Formal.

“Semua profesi masyarakat bisa menjadi peserta BPJS ketenagakerjaan, pembayaran iurannya pun bisa melalui Indomaret Alfamart dan lainnya. masyarakat nantinya akan mendapatkan bantuan jaminan sosial dari BPJS ketenagakerjaan.” ungkapnya

Sementara itu Kepala Desa Kadu Muhamad Asdiansyah mengungkapkan rasa terimakasihnya kepada dewan Muhammad Rizal yang telah menggelar kegiatan sosialisasi di wilayahnya.

Baca Juga:  BPSDM Kemendagri Evaluasi Kualitas Pendalaman Tugas DPRD

“terimakasih Bapak dewan Muhammad Rizal telah mendaptarkan jaminan sosial untuk warga di wilayah desa Kadu Curug.” ungkapnya.

(Red)

Komentar