Muhammad Rizal Komisi IX DPR RI Bareng Poltekkes Kemenkes Banten Sosialisasi Germas Cegah PTM di Binong Curug

infobumi.com, KABUPATEN TANGERANG, – Muhammad Rizal Anggota Komisi IX DPR RI bersama Kementrian kesehatan dan Poltekkes Banten melakukan sosialisasi program Germas gerakan masyarakat hidup sehat, dengan tema ‘melalui Germas kita cegah dan waspadai penyakit tidak menular (PTM).

Kegiatan sosialisasi germas kali ini bersama 600 masyarakat Binong Kecamatan Curug, Kabupaten Tangerang. adapun pesertanya dihadiri oleh kader posyandu, kader puskesmas, mahasiswa, tokoh masyarakat, tokoh agama, ibu-ibu pengajian, ketua RT/RW, dan masyarakat lainnya. Kegiatan tersebut di gelar di gedung kitri bhakti Curug.

Hadiri sebagai narasumber Direktur Poltekkes Banten prof dr khayan, dan Dinas kesehatan Kabupaten Tangerang yang di wakili ibu Dewi Yuliana lestai dan Kapus PPM ibu Suhartini.

Dewan Muhammad Rizal mengatakan terdapat langkah-langkah penting dalam rangka menjalankan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat. Langkah tersebut merupakan bagian penting dari pembiasaan pola hidup sehat dalam masyarakat guna mencegah Penyakit Tidak Menular (PTM) yang beresiko dialami oleh masyarakat.

Baca Juga:  Pelantikan Lima Pejabat Pimpinan Tinggi Madya Diharapkan Jadi Momentum Pembenahan

“Tadi di jelaskan oleh narasumber Pertama melakukan aktivitas fisik seperti olahraga, Kedua pola makan sehat, makan buah, sayuran, kurangi mengonsumsi gula, garam, makanan yg mengandung minyak, Ketiga tidak merokok, Keempat tidak mengonsumsi minuman beralkohol, Kelima melakukan cek kesehatan berkala,” terang Dewan Muhammad Rizal Politisi PAN asal daerah pemilihan Banten III, Tangerang Raya, senin (4 September 2023).

Lebih jauh Dewan Rizal menjelaskan bahwa untuk memacu masyarakat hidup sehat salah satunya dengan cara berpedoman 4 sehat 5 sempurna. Dan dengan cara berolahraga dari mulai yang kecil dahulu, seperti gerak jalan dan lainnya.

Menurut Politisi PAN itu kegiatan sosialisasi germas ini gencar dilakukan agar masyarakat terhindar dari berbagai penyakit, seperti penyakit hipertensi, diabetes, kolesterol, gangguan pernapasan dan penyakit jantung, dan penyakit lainnya.

“Semoga kegiatan sosialisasi ini dapat bermanfaat untuk masyarakat, sehingga masyarakat menyadari bahwa pola hidup sehat itu sangat penting sekali, baik di keluarga maupun di lingkungan masyarakat, ungkapnya.

Baca Juga:  Demi Kepatuhan Terhadap Protokol Kesehatan, Mendagri Minta Sosialisasi Peraturan KPU Agar Dilakukan Lebih Masif

Dewan Rizal pun mengungkapkan saat ini pemerintah sedang mengatasi persoalan pencemaran udara, kerana polusi udara ini bisa berbahaya bagi kesehatan tubuh terutama pada paru-paru.

“Oleh karena itu kami mengajak kepada masyarakat bila keluar rumah atau sedang berpergian di jalan untuk mengenakan masker, agar terhindar dari polusi udara,” ungkapnya

Sementara itu Direktur Poltekkes Banten prof dr khayan menyampaikan bahwa cara mencegah penyakit tidak menular yaitu dengan Batasi konsumsi gula, garam, dan lemak secara berlebihan.

“Selain itu Rutin melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit dalam sehari. Tidak merokok atau terpapar asap dan residu rokok. Jaga berat badan ideal dan cegah obesitas. dan selalu cek kesehatan secara teratur.” jelasnya.

(Red)

Komentar