Muhammad Rizal Komisi IX DPR RI Bareng BPOM Serang Sosialisasi KIE Obat dan Makanan Bersama Masyarakat Tangerang di PLP Curug

infobumi.com, KABUPATEN TANGERANG, – Muhammad Rizal Anggota DPR Republik Indonesia (RI) bersama Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Serang Banten menggelar sosialisasi KIE obat dan makanan dengan masyarakat Kabupaten Tangerang.

Sosialisasi itu digelar di gedung serba guna PPSDM Penerbangan Udara Curug di Desa Serdang Wetan, Legok, Senin, (9/10/2023).

Sekitar 500 peserta dari berbagai elemen warga masyarakat Curug, Legok, Panongan, antusias menghadiri kegiatan sosialisasi tersebut, seperti dari tokoh masyarakat, tokoh agama, kader puskesmas, kader posyandu, kader PKK, ibu-ibu pengajian, ketua RT/RW, mahasiswa, dan pemudi-pemudi.

Hadir sebagai narasumber kepala balai besar pom serang Mojaza Sirait, S.Si, Apr bersama jajarannya dan Kepala Loka POM Kabupaten Tangerang bapak M. Sony Mughofir.

Dewan Rizal menuturkan bahwa masyarakat harus cerdas pintar dalam membeli dan menggunakan obat-obatan dan makanan.

Baca Juga:  Mendagri Ajak Insan Media Gaungkan Penerapan Protokol Kesehatan

“Mungkin masih banyak masyarakat yang belum mengetahui, obat itu kalau penggunaannya tepat bisa menyembuhkan, tapi jika tidak bisa akan menjadi racun, seperti waktu itu adanya kasus gagal ginjal terhadap anak hingga sampai meninggal, maka dari itu kita turun sosialisasi mencerdaskan masyarakat tentang kesehatan,” kata Dewan Muhammad Rizal Politisi PAN asal daerah pemilihan Banten III, Tangerang Raya.

Untuk itu, Dewan Muhammad Rizal yang duduk di Komisi IX DPR RI mengajak BPOM berperan aktif mengedukasi masyarakat agar mendapatkan pengetahuan lebih terkait obat-obatan dan makanan. Sebab, kata dia, dampaknya akan begitu besar bagi tubuh, meskipun efek itu baru bisa dirasa dalam jangka panjang.

“Maka itu saya mengajak BPOM untuk mengedukasi masyarakat agar mendapat bekal pengetahuan yang lebih terkait penggunaan obat dan makanan, hampir seratus tempat saya turun sosialisasi ke masyarakat, sosialisasi ini sebagai wujud nyata melindungi kesehatan masyarakat kita,” jelasnya

Baca Juga:  Kemenko Perekonomian dan Kemendagri Dorong Penguatan Peran BPD dalam Pemulihan Ekonomi Daerah

“Semoga kegiatan sosialisasi ini dapat bermanfaat bagi masyarakat, dan masyarakat pun bisa menerapkan dalam kehidupannya, sehingga masyarakat kita pun semua selalu dalam keadaan sehat,” ungkapnya dewan Rizal.

Sementara itu kepala balai besar pom serang Mojaza Sirait menjelaskan bahwa masyarakat sebelum membeli produk obat, kosmetik dan makanan masyarakat harus ingat cek KLIK cek kemasan, Cek Label, Cek Izin edar dan Cek Kedaluarsa. Cek produknya di Aplikasi BPOM Mobile itu untuk mengetahui legalitasnya.

“hal itu di perhatikan agar menjadi konsumen cerdas, supaya masyarakat kita mengkonsumsi obat dan makanan yang aman, bermutu, dan berkhasiat, sehingga kita menjadi sehat, tertib, dan berkualitas,” ungkapnya

Ditempat yang sama Kepala Loka POM Kabupaten Tangerang bapak M. Sony Mughofir mengatakan bila masyarakat menemukan keraguan dengan obat atau makanan yang akan di gunakan lebih baik masyarakat lapor ke BPOM baik secara online maupun offline datang ke kantor BPOM.

Baca Juga:  TP PKK Pusat Gelar Jambore Nasional Kader PKK Tahun 2019

“Bagi masyarakat Tangerang yang ingin mendaftarkan produknya ke BPOM atau menyampaikan aspirasinya datang saja ke kantor balai pom di cikupa. kami akan melayani setiap masyarakat yang datang dengan senang hati,” ujarnya.

(Red)

Komentar