Sosialisasi BPOM, Muhammad Rizal Legislator PAN Ajak Masyarakat Sepatan Jadi Konsumen Cerdas Dengan Cek KLIK

infobumi.com, KABUPATEN TANGERANG, – Muhammad Rizal Anggota DPR Republik Indonesia Bareng Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Banten menggelar sosialisasi tentang kesehatan bersama masyarakat Sepatan, Kabupaten Tangerang.

Sosialisasi itu digelar di kharisma futsal jalan Ahmad Yani, Desa Pisangan Jaya, Kecamatan Sepatan, Kabupaten Tangerang, Senin (16/10/2023). Hadir sebagai narasumber kepala balai besar pom serang Mojaza Sirait, S.Si, Apr bersama Ibu Ratih dan tim BPOM Serang.

Dewan Muhammad Rizal menuturkan bahwa kegiatan sosialisasi KIE Komunikasi, Informasi, Edukasi tentang obat dan makanan bersama tokoh masyarakat ini bertujuan agar masyarakat menjadi konsumen cerdas.

Ia menerangkan seperti tentang penggunaan obat, masyarakat bila sedang sakit lebih baik berkonsultasi ke dokter, ke puskesmas atau ke rumah sakit. Jangan membeli obat sembarangan di khawatirkan mendapat obat palsu.

“Mungkin masih banyak masyarakat yang belum mengetahui, obat itu kalau penggunaannya tepat bisa menyembuhkan, tapi jika tidak bisa akan menjadi racun,” kata Dewan Muhammad Rizal Politisi PAN asal daerah pemilihan Banten III, Tangerang Raya.

Baca Juga:  Kemendagri Dorong Pemda Sukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia

Selain obat-obatan, masyarakat pun diminta berhati-hati mengkonsumsi produk makanan, dikhawatirkan dalam produk makanan tersebut mengandung formalin atau boraks.

Untuk itu, Dewan Rizal Anggota Komisi IX DPR RI mengajak BPOM berperan aktif mengedukasi masyarakat agar mendapatkan pengetahuan lebih terkait obat-obatan. Sebab, kata dia, lebih baik mencegah penyakit dari pada mengobati.

“Maka itu saya mengajak BPOM untuk mengedukasi masyarakat agar mendapat bekal pengetahuan yang lebih terkait penggunaan obat, dan makanan,” ucapnya

Selain itu dewan Rizal pun mengungkapkan bahwa dirinya gencar turun menemui konsituen masyarakat didapilnya Tangerang Raya untuk mensosialisasikan tentang pentingnya kesehatan bersama mitra kerja komisi IX DPR RI. Selain itu dirinya juga membantu masyarakat yang mempunyai usaha kuliner mendapatkan izin dari BPOM.

“saya terus turun ke masyarakat, hampir 100 tempat lebih saya mengajak dan membantu masyarakat untuk hidup sehat, agar masyarakat kita berkualitas, menuju Indonesia emas di 2045, agar generasi pemimpin bangsa selanjutnya hebat dan kuat,” ungkapnya

Baca Juga:  Kalimantan Timur Resmi Dipilih Presiden Sebagai Ibu Kota Baru

Ditempat yang sama Kepala balai besar pom serang Mojaza Sirait menjelaskan bahwa masyarakat sebelum membeli produk obat, kosmetik dan makanan masyarakat harus ingat cek KLIK cek kemasan, Cek Label, Cek Izin edar dan Cek Kedaluarsa. Hal itu untuk mengetahui Legalitas produknya.

“Semoga kegiatan sosialisasi ini dapat bermanfaat bagi masyarakat, dan masyarakat pun bisa menerapkan dalam kehidupannya, sehingga masyarakat kita pun semua selalu dalam keadaan sehat,” tutupnya

Sekitar 400 peserta dari berbagai elemen masyarakat antusias menghadiri kegiatan sosialisasi tersebut, seperti dari tokoh masyarakat, tokoh agama, kader puskesmas, kader posyandu, kader PKK, ibu-ibu pengajian, ketua RT/RW, mahasiswa, dan pemudi-pemudi.

(Red)

Komentar