Muhammad Rizal DPR RI Gandeng BPOM Serang Sosialisasi KIE Pemberdayaan Masyarakat Tentang Kesehatan di Ciputat Tangsel

infobumi.com, TANGERANG SELATAN – Muhammad Rizal Anggota Komisi IX DPR RI fraksi PAN bersama BPOM Serang Banten mengedukasi masyarakat Kota Tangerang Selatan tentang obat dan makanan yang baik untuk digunakan atau di konsumsi.

Kegiatan sosialisasi tersebut di gelar di balai ratu permai kelurahan sawah baru, kecamatan Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Rabu (18/10/2023). Dengan bertemakan ‘pemberdayaan masyarakat melalui komunikasi, Informasi dan edukasi (KIE) obat dan makanan’.

Sosialisasi itu di hadiri narasumber kepala balai besar pom serang Mojaza Sirait, S.Si, Apr bersama Ibu Ratih dan tim BPOM Serang.

Dewan Muhammad Rizal mengatakan kegiatan ini dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat tentang keamanan dan mutu produk obat, kosmetik, obat tradisional, pangan dan bahan berbahaya.

Menurut Dewan Rizal kegiatan sosialisasi ini sangat penting sekali untuk menambah pengetahuan atau wawasan masyarakat, guna melindungi masyarakat dari produk yang beresiko terhadap kesehatan.

Baca Juga:  Kemendagri Menerima Sumbangan APD dan Multivitamin dari Tahir Foundation

“Kita harus hati-hati dalam membeli obat jangan sembarangan membeli obat, di khawatirkan bukannya menyembuhkan malah menimbulkan penyakit baru. Bila sedang sakit lebih baik langsung berobat ke dokter di puskesmas maupun rumah sakit,” tuturnya

Dewan Rizal menjelaskan masyarakat pun harus cerdas dalam membeli pangan makanan dikhawatirkan pangan tersebut mengandung formalin, boraks atau bahan pengawet zat berbahaya lainnya. Bila sudah tau lebih baik tidak di konsumsi.

“selain dari itu masyarakat harus cerdas dalam menggunakan kosmetik, masyarakat harus memperhatikan legalitas, kualitas dan keamanannya, serta lihat apakah sudah ada legalitasnya ijin dari BPOM. Di khawatirkan barang tersebut imitasi,” jelas Muhammad Rizal Politisi PAN asal daerah pemilihan Banten III, Tangerang Raya.

Selain itu dewan Muhammad Rizal pun mengingatkan orang tua agar memperhatikan jajanan anak-anaknya. Yaitu dengan mengajari anak untuk memilih makanan yang sehat dan aman. Jangan sampai memilih jajanan yang menimbulkan penyakit atau keracunan.

Baca Juga:  Teknologi Berkembang Cepat, Ditjen Dukcapil Bekali Pegawai dengan Literasi Digital Sektor Pemerintah

“Kesehatan itu penting sekali, mari kita jaga anak-anak kita dengan memberikan makanan yang bergizi dan aman, menuju generasi selanjutnya di Tahun 2045 menjadi Generasi Emas,” terang dewan rizal

“Semoga kegiatan sosialisasi ini dapat bermanfaat dan di pahami oleh masyarakat, semoga kesehatan masyarakat menjadi lebih baik dan sejahtera.” harapnya

Sementara itu kepala balai besar pom serang Mojaza Sirait menambahkan masyarakat sebelum membeli produk obat, kosmetik dan makanan masyarakat diminta ingat cek KLIK cek Kemasan, Cek Label, Cek Izin edar dan Cek Kedaluarsa.

“bila produk obat atau makanan, dan kosmetik tidak ada ijin dari BPOM, maka lebih baik tidak di konsumsi atau di gunakan. agar kita semua terhindar dari berbagai penyakit, mari kita menjadi konsumen cerdas,” ujarnya

Sekitar 400 peserta antusias mengikuti kegiatan sosialisasi tersebut. Adapun pesertanya dari berbagai elemen masyarakat, seperti dari kader puskesmas, kader posyandu, kader PKK, ibu-ibu pengajian, ketua RT/RW, mahasiswa, pemuda-pemudi, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan lainnya.

Baca Juga:  Kemendagri: Kualitas Pelayanan Publik yang Prima Harus Dirasakan Semua Kalangan Masyarakat

(Red)

Komentar