Muhammad Rizal DPR RI Sosialisasi Program BP2MI Peluang Kerja Keluar Negeri dan Migrasi Aman di Sindang Jaya

infobumi.com, KABUPATEN TANGERANG, – Muhammad Rizal Anggota Komisi IX DPR RI fraksi PAN bersama Badan Pelindung Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) menggelar kegiatan sosialisasi peluang kerja luar negeri dan migrasi aman di Desa Sindang Sono, Kecamatan Sindang Jaya, Kabupaten Tangerang.

Sosialisasi itu pun di hadiri langsung oleh narasumber Direktur sistem strategi penempatan perlindungan kawasan Asia Afrika lesmia Elita, wakil kepala BP3MI Banten bapak Berliandri haryono, Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Tangerang bapak Rudi Hartono.

Muhammad Rizal mengatakan bahwa tujuan dari kegiatan sosialisasi ini adalah mengedukasi memberikan informasi kepada masyarakat, tentang peluang kerja dan prosedur yang benar untuk bekerja keluar negeri. Jangan sampai masyarakat menjadi korban dari para sindikat yang tidak bertanggung jawab.

“saya berharap tenaga kerja kita kedepannya bisa bersaing meningkatkan kompetensi kemampuan pekerja migran kita.” tutur Muhammad Rizal Politisi PAN asal daerah pemilihan Banten III, Tangerang Raya, senin (6/11/2023).

Baca Juga:  Badan Litbang Kemendagri Terus Beri Motivasi Daerah agar Berinovasi

Rizal pun berpesan bagi masyarakat yang ingin menjadi pekerja migran Indonesia agar berhati-hati dalam memilih perusahaan yang memberangkatkan bekerja keluar negeri atau hati-hati kepada orang yang menawarkan pekerjaan ke luar negeri.

“Saya berpesan silahkan masyarakat bila ingin menjadi PMI tapi harus hati-hati dalam memilih perusahaan yang memberangkatkan, konsultasikan terlebih dahulu kepada BP2MI atau BP3MI Banten atau dinas ketenagakerjaan, di khawatirkan perusahaan yang memberangkatkan tersebut belum terdaftar di BP2MI.” jelasnya

Selain itu dewan Muhammad Rizal menyampaikan bagi masyarakat yang sedang mencari lowongan kerja silahkan mencarinya melalui aplikasi SIAPKerja Kementerian Ketenagakerjaan, disana terdapat berbagai info lowongan pekerjaan.

“Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat dan di pahami oleh masyarakat yang ingin menjadi pekerja migran Indonesia, agar kedepannya selamat dan sesuai apa yang diharapkan.” ungkap dewan Rizal

Sementara itu Direktur sistem strategi penempatan perlindungan kawasan Asia Afrika lesmia Elita mengatakan tujuan dari kegiatan sosialisasi adalah memberikan informasi kepada masyarakat, tentang peluang kerja dan prosedur yang benar untuk bekerja keluar negeri, agar bekerja dengan aman.

Baca Juga:  Sekdaprov Papua dan Pj. Bupati Lanny Jaya Turun Langsung ke Kuyawage Atasi Dampak Bencana Alam Hujan Es

“Salah satu bentuk kehadiran Negara dalam memberikan pelindungan kepada PMI adalah penetapan kebijakan yang diatur dengan undang-undang sampai dengan teknis pelaksanaan. Peraturan dibuat untuk melindungi PMI maupun Calon Pekerja Migran Indonesia,” jelasnya

Ditempat yang sama wakil kepala BP3MI Banten bapak Berliandri haryono menambahkan bagi masyarakat yang ingin menjadi PMI agar mengikuti prosedur pemerintah. Hati-hati dengan modus operandi para calo tenaga kerja luar negeri yang menawarkan kerja.

“Bagi masyarakat yang ingin menjadi PMI silahkan datang ke BP2MI, atau cari informasinya melalui media sosial BP2MI. BP2MI melindungi PMI dari ujung rambut sampai ujung kaki.” terangnya

Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Tangerang bapak Rudi Hartono mengatakan jumlah pekerja migran asal kabupaten Tangerang saat ini mencapai 321 orang PMI yang legal.

“sebelum di berangkatkan menjadi pekerja migran kami memberikan bekal pengetahuan kepada mereka, Selain itu kami juga telah membuka pelatihan bahasa asing dan pelatihan kompetensi lainnya bagi calon pekerja migran. Bagi masyarakat yang ingin mengetahui tentang menjadi Pekerja Migran datang saja ke kantor Disnaker,” ujarnya

Baca Juga:  Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Dapat Dilakukan melalui Penyelesaian Pengaduan yang Cepat

Sementara itu Sukatma Tokoh masyarakat Desa Sindang Sono Sindang Jaya mengungkapkan rasa terimakasihnya kepada dewan Muhammad Rizal telah menggelar kegiatan sosialisasi tentang pekerja migran Indonesia di wilayahnya.

“Setelah adanya sosialisasi ini, kami menjadi tahu tentang cara bekerja keluar negeri menjadi PMI yang aman. terimakasih dewan Muhammad Rizal dan BP2MI, semoga dewan Muhammad Rizal selalu terus bermanfaat bagi masyarakat,” ungkapnya

Adapun peserta sosialisasi tersebut dari berbagai elemen masyarakat seperti dari generasi milenial, Pemuda pemudi, RT/RW, mahasiswa, anak muda, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan lainnya.

(Red)

Komentar