HUT ke 101, Mendagri Dorong Damkar Makin Profesional, Modern dan Terlatih

infobumi.com,Bantul, DIY – Tidak banyak organisasi yang bisa survive selama lebih dari satu abad. Salah satunya adalah unit Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan yang pada tahun ini telah memasuki usia 101 Tahun.

Upacara peringatan HUT Damkar dan Penyelamatan ke-101 digelar di Stadion Sultan Agung, Kabupaten Bantull, Provinsi DIY, Minggu (1/3/2020), dengan Inspektur Upacara Menteri Dalam Negeri Prof. H. M. Tito Karnavian.

“Unsur Damkar ini diharapkan selalu hadir dalam segenap kejadian yang membahayakan kondisi manusia. Bertugas melebihi jam kerja ASN lainnya dengan membangun kesiapsiagaan selama 24 jam tanpa mengenal hari libur, selalu berupaya memberikan pertolongan dengan quick response atau response time maksimal 15 menit,” ujar Mendagri di hadapan peserta upacara.

Baca Juga:  Selama 4 Bulan Terakhir, Lebih Dua Juta Penduduk Indonesia Pindah Domisili

Tema HUT Damkar ke-101 adalah “Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan yang Unggul Guna Terwujudnya Perlindungan Masyarakat Menuju Indonesia Maju”. Dengan tema ini terkandung semangat untuk membentuk Damkar sebagai perangkat daerah yang profesional, modern dan terlatih.

“Untuk konteks sekarang, tema ini sangat tepat karena sejalan dengan visi pemerintah khususnya dalam rangka untuk membentuk SDM yang unggul khususnya jajaran Damkar dan Penyelamatan, tentunya kita berusaha meningkatkan sumber daya,” kata Mendagri.

Menurut mantan Kapolri ini, tujuan akhir dari misi pemadam kebakaran adalah peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui penciptaan rasa aman, memberikan layanan perlindungan dan penyelamatan terhadap jiwa dan harta benda baik dari ancaman bahaya kebakaran maupun kondisi lain yang membahayakan manusia.

Baca Juga:  Kemendagri Rilis Surat Edaran Pembentukan Satgas COVID-19 Daerah

“Saya mengajak kepada seluruh pemangku kepentingan di pusat dan daerah utnuk menjadikan Damkar sebagai perangkat daerah yang profesional, modern dan terlatih,” kata Mendagri. (Red)

Puspen Kemendagri

Komentar