HUT Ke-496, Akselerasi Pembangunan Pemkab Serang Dipuji Andika Hazrumy

infobumi.com, SERANG – Mantan Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy menghadiri undangan sebagai tokoh masyarakat Provinsi Banten dalam acara rapat paripurna DPRD Kabupaten Serang tentang HUT Ke-496 Kabupaten Serang, Sabtu (8/10). Usai menghadiri acara yang digelar di gedung DPRD Kabupaten Serang itu, kepada wartawan mengatakan dirinya mengapresiasi akselarasi pembangunan Pemkab Serang selama ini terhadap kebijakan pembangunan Pemprov Banten.

“Sebagai wagub kemarin saya menyaksikan sendiri bagaimana Pemkab Serang mampu mengakselerasi pembangunan di Provinsi Banten,” kata Andika. Hadir pada acara yang dipimpin Ketua DPRD Kabupaten Serang Bahrul Ulum tersebut tokoh masyarakat yang juga mantan Bupati Serang Ahmad Taufik Nuriman dan Penjabat Gubernur Banten Al Mukatabar.

Baca Juga:  Kemendagri Turun Tangan Mediasi Pembangunan Jalan Rusak di Kudus

Andika mengatakan, akselerasi pembangunan dari pemerintah kabupaten/kota sangat diperlukan oleh pemerintah provinsi dan pemerintah pusat. Visi-misi pemerintah pusat terhadap pembangunan di seluruh tanah air tak akan terlaksana secara maksimal jika tidak didukung kebijakan pembangunan yang sejalan dari pemerintah daerah.

Andika mencontohkan, selama masa pandemi Covid 19 lalu, bagaimana kebijakan pemerintah pusat terkait penanganan pandemi dapat dilakukan secara efektif karena dukungan kebijakan serupa dari pemerintah daerah. “Kita tahu waktu pandemi kemarin kan kebijakannya refocusing anggaran untuk penanganan pandemi. Pemkab serang termasuk yang sangat supportif untuk hal ini,” ujarnya.

Berikutnya, Andika melanjutkan, pemerintah pusat melanjutkan kebijakan penanganan pandemi dengan kebijakan membangkitkan perekonomian pasca pandemi. Andika menyebut, pada masa itu Pemkab Serang juga termasuk yang sangat supportif. “Bahkan kan kita tahu tema HUT Pemkab kali ini juga tentang bagaimana kebangkitan pasca-pandemi,” kata Andika merujuk pada tema HUT Ke-496 Pemkab Serang yaitu ‘Pulih, Bangkit, Sejahtera’.

Baca Juga:  Dana Daerah Masih Banyak Mengendap, Presiden: Jangan Ulangi di 2020

Lebih jauh Andika berharap Pemkab Serang bisa terus mengejar target-target RPJMD (rencana pembangunan jangka menengah daerah) yang sempat terhambat pada masa pandemi lalu. Dengan kepemimpinan Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah selama dua periode kepemimpinan di Kabupaten Serang terakhir, Andika optimistis target-target tersebut dapat terkejar. “Tadi kan di paripurna juga sudah dipaparka oleh Ibu Bupati progress-nya,” imbuhnya.

Sementara itu sebelumnya Bupati Tatu dalam paparannya dalam rapat paripurna tersebut mengatakan pihaknya dengan DPRD Kabupaten Serang sudah bersepakat untuk melakukan percepatan pembangunan puspemkab.

Dirinya berharap dalam penyelesaian pembangunan Puspemkab, bisa dikerjakan seperti membangun jalan dengan membuat Perda percepatan.

“Kami harap ada perda Percepatan seperti kami selesai kan jalan 601 km itu selesai karena ada perda infrastruktur dan puspemkab akan dilakukan hal yang sama,” ujarnya.

Baca Juga:  Pererat Silaturahmi, Anggota DPR RI Muhammad Rizal Kunjungi Ketua PAN Kabupaten Tangerang

Pada kesempatan itu dirinya juga menyampaikan beberapa keberhasilan yang telah dicapai. Namun demikian masih banyak pula pekerjaan yang harus diselesaikan dan jadi PR.

“Karena saya pak wakil, pak sekda dan jajaran DPRD punya ukuran jelas untuk mengukur keberhasilan pembangunan,” katanya.

(Red)

Komentar