Perihal : Puja Genta Pinara Pitu dan doa bersama dalam rangka kesuksesan presidensi KTT G20

infobumi.com- Pada 26 Oktober 2022 pukul 18.05-19.30 Wita di Lapangan Peninsula Kawasan Itdc Nusa Dua, Kuta Selatan Kab. Badung berlangsung kegiatan do’a bersama dalam rangka jelang presidensi KTT G20 di Bali oleh seluruh PHDI Bali.

Hadir dalam kegiatan :

1. Menteri Menko Marvest RI (Luhut Binsar Panjaitan),
2. Gubernur Bali (I Wayan Koster),
3. Kapolda Bali (Irjen Pol Putu Jayan Danu Putra),
4. Pangdam IX/Udy diwakili Pamen ahli bidang Jemensishaneg (Kol. Inf. Waston Purba),
5. Danrem diwakili Mayor Inf. Bambang,
6. Kabinda Bali diwakili Agen Madya (Made Adi Wiratama),
7. Danlanud Ngurah Rai,
8. Forkopimda prov. Bali
9. dan undangan lainnya yang berjumlah 1.250 orang.

Dilaporkan sebagai berikut :

1. Kegiatan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dilanjutkan dengan penyampaian dari Gubernur Bali (I Wayan Koster), yang pada intinya :

a. Bahwa saat ini kita berkumpul bersama seluruh PHDI dan masyarakat Hindu di Bali baik secara langsung dengan melibatkan 1.200 orang pemangku dan seluruh masyarakat di kota kabupaten wilayah prov. Bali secara virtual di 1.324 desa adat.

Baca Juga:  Badan Litbang Kemendagri Terus Beri Motivasi Daerah agar Berinovasi

b. Dengan dipilihnya Bali sebagai tempat penyelenggaraan pertemuan presidensi KTT G20 Tahun 2022 ini merupakan kehormatan bagi Bali, oleh karena itu mewakili masyarakat dan pemerintah daerah mengucapkan Terima kasih kepada Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dan pemerintah prov. Bali beserta pemerintah kota Kabupaten se-Bali serta masyarakat Bali memiliki kewajiban dan ikut bertanggung jawab dalam presidensi KTT G20, dan secara Niskala Prov. Bali menyelenggarakan acara Puja Genta Pinara Pitu dan doa bersama baik secara langsung maupun secara daring di daerah Kabupaten lainnya.

c. Dalam kegiatan doa bersama terpusat di lapangan peninsula berjumlah sebanyak 1.200 orang pemangku dari pura Kahyangan Desa pura Kahyangan Jagat, dengan turut mengundang pimpinan umat Islam, Kristen, Katolik, Budha dan Konghucu. Selain itu doa bersama juga dilaksanakan secara serentak oleh para pemangku dan umat Hindu di Pura Jagatnatha yang ada di kota Kabupaten se-bali serta Pura Puseh, pura desa yang ada di desa adat seluruh Bali dengan dihadiri paling sedikit 100 orang.

Baca Juga:  Wujudkan Bebas Korupsi, Kajati Banten Inisiasi Pakta Integritas

d. Dalam mendukung penyelenggaraan pertemuan presidensi KTT G20, melalui doa bersama ini bertujuan untuk memohon Restu alam semesta agar seluruh rangkaian pertemuan presidensi G20 berjalan dengan lancar, nyaman, Aman damai dan sukses. Selain itu acara ini juga bertujuan untuk mewujudkan kedamaian dan perdamaian serta diiringi kemajuan peradaban Indonesia dan dunia pada umumnya dengan tatanan kehidupan era baru pasca pandemi covid-19.

2. Kegiatan dilanjutkan dengan pelaksanaan doa bersama dengan dipimpin oleh Ida Shri Bhagawan Natha Mawa Mangsa Pemayun dengan di ikuti oleh seluruh peserta yang hadir di tempat acara doa bersama.

3. Penyampaian dari Menteri Menko Marvest (Luhut Binsar Panjaitan) yang pada intinya :

a. Mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Bali dan seluruh masyarakat Bali yang telah memberikan perhatian melalui kegiatan berdoa bersama untuk kesuksesan presidensi KTT G20 yang akan dilaksanakan pada tanggal 15 November 2022 nanti, tentunya dari sekarang semua persiapan sudah dilakukan kita telah bersama-sama berkolaborasi untuk menyiapkan berbagai hal dalam mensukseskan KTT G20 ini.

Baca Juga:  E-Perda Hadirkan Pelayanan Lebih Efektif dan Efisien

b. Dalam kegiatan doa bersama ini marilah kita memohon kepada Tuhan Maha Besar supaya apa yang kita ingin laksanakan dapat berhasil bersama- sama dan dapat berlangsung dengan aman dan lancar serta Indonesia semakin Jaya serta dengan penyelenggaraan KTT G20 Indonesia Tahun 2022 dapat memberikan manfaat kebaikan bagi masyarakat Bali, masyarakat Indonesia dan dunia.

4. Kegiatan dipanjutkan dengan kegiatan dialog dari Menko marvest dengan menyapa pemangku yang juga melaksanakan kegiatan serupa secara dari diwilayah Kabupaten diwilayah prov. Bali.

*Catatan :*

Kegiatan Puja Genta Pinara Pitu dan do’a bersama dalam rangka kesuksesan presidensi KTT G20 yang diselenggarakan oleh PHDI Bali di lapangan Peninsula Kawasan Itdc Nusa merupakan wujud peran dukungan dari masyarakat Bali dalam pelaksanaan kegiatan KTT G20 yang akan dilaksanakan pada 15-16 Nopember 2022 dengan harapan dapat berjalan dengan aman dan sukses demi kemajuan Indonesia dan perekonomian Bali pada khususnya.

(Red)

Komentar