Muhammad Rizal Komisi IX DPR RI Gandeng Poltekkes Kemenkes Banten Sosialisasi Germas Cegah Stunting di Curug Tangerang

infobumi.com, KABUPATEN TANGERANG, – Dewan Muhammad Rizal Anggota Komisi IX DPR RI Gencar turun mengajak masyarakat konstituennya di Tangerang untuk selalu berprilaku hidup sehat.

Kali Ini Dewan Muhammad Rizal menggandeng Poltekes Kementerian Kesehatan RI Banten menggelar kegiatan sosialisasi Germas gerakan masyarakat hidup sehat bersama 600 masyarakat Curug, Kabupaten Tangerang.

Kegiatan sosialisasi tersebut di gelar Kitri Bhakti, Kecamatan Curug, Kabupaten Tangerang, Banten. Kegiatan itu bertemakan ‘melalui Germas Kita Cegah dan Tanggulangi Stunting’, sabtu (27/8/2023).

Dari berbagai elemen masyarakat antusias menghadiri kegiatan sosialisasi tersebut, seperti dari tokoh masyarakat, tokoh agama, kader puskesmas, kader posyandu, kader PKK, ibu-ibu pengajian, Ketua RT/RW, mahasiswa, dan pemudi-pemudi.

Sosialisasi Germas itu di hadiri narasumber dari Poltekes Kemenkes Banten Diwakili Wakil Direktur Purbianto S.Kep M.Kes SP KMB, dan Kepala dinas kesehatan Kabupaten Tangerang dr Achmad Muchlis Mars di wakili ibu Sekdis Sri Indriyani.

Baca Juga:  Muhammad Rizal Legislator RI Sosialisasi KIE Program Bangga Kencana BKKBN di Sukabakti Curug

Dewan Muhammad Rizal mengatakan kegiatan ini dalam rangka memberikan wawasan dan pengetahuan masyarakat tentang kesehatan dan pencegahan stunting.

“tadi sudah di jelaskan oleh narasumber tentang pola hidup sehat, mencegah stunting, kebersihan, mengasuh anak, dan mencegah penyakit, serta lain sebagainya.” kata dewan Muhammad Rizal.

Dewan Muhammad Rizal menjelaskan kegiatan sosialisasi ini mengajak masyarakat untuk hidup sehat dengan pola Germas. menjadikan masyarakat yang sehat kuat dan produktif dan terhindar dari berbagai penyakit, Sehingga nantinya di masa depan menjadi Indonesia Sehat dan Unggul.

Menurut Dewan Muhammad Rizal semua pihak baik pemerintah dan masyarakat harus bekerjasama untuk mencegah stunting. Karena kita harus mempersiapkan generasi emas dari saat ini.

“Mudah mudahan masyarakat memahami pentingnya menjaga kesehatan, dengan tubuh sehat pikiran sehat, kita dapat melakukan kegiatan dengan lancar,” ungkap dewan Muhammad Rizal Politisi PAN asal daerah pemilihan Banten III, Tangerang Raya.

Baca Juga:  Pemerintah Jamin Pemulangan WNI dari Wuhan, Tak Bahayakan Masyarakat Natuna

Dengan Ilmu yang sudah di dapat, Dewan Rizal mengajak masyarakat untuk menyampaikannya kepada keluarga, saudara dan tetangga bahwa mari kita bersama-sama menjaga kesehatan di lingkungan, Karena kesehatan itu penting sekali.

“Semoga kegiatan sosialisasi ini dapat bermanfaat bagi masyarakat kita. Dan masyarakat kita selalu dalam keadaan sehat semua, dan sejahtera.” harapnya dewan rizal

Sementara itu Wakil Direktur Purbianto mengatakan memulai gerakan masyarakat hidup sehat itu dengan beberapa hal.

“Seperti melakukan gerakan fisik, konsumsi pangan yang sehat, cek kesehatan di puskesmas atau rumah sakit, edukasi hidup sehat, dan menjaga kebersihan di rumah dan di lingkungan.” tuturnya

Sementara itu ibu Sekdis Sri Indriyani mengatakan bahwa langkah pencegahan stunting pada anak yang dapat dilakukan orang tua ada beberapa hal yaitu perhatikan nutrisi sejak dalam kandungan.

“Perhatikan gizi seribu hari pertama anak. Peran orang tua untuk mencegahnya, memberikan ASI eksklusif dan imunisasi. Lakukan pemeriksaan rutin di puskesmas. Dan menggunakan akses sanitasi dan jaga kebersihan, anak diberikan gizi yang berprotein hewani, telur, dan buah sayuran,” jelasnya

Baca Juga:  Kemendagri Dorong Papua Pegunungan Percepat Realisasi APBD dan Pastikan Pemerintahan Berjalan Efektif

Dalam sosialisasi tersebut masyarakat antusias melakukan tanya jawab dengan para narasumber tentang kesehatan dan masyarakat pun melakukan cek kesehatan yang telah disediakan oleh tim medis.

Selain itu di lakukan testimone kegiatan sosialisasi germas tersebut, dan masyarakat meminta pemerintah untuk terus melakukan kegiatan sosialisasi kesehatan Germas seperti ini karena di nilai penting sekali untuk masyarakat.

(Red)

Komentar