BPOM Banten di Serang Lantik Pengurus Mabi dan Pinsaka POM Cabang Pandeglang

infobumi.com, BANTEN, | Pelantikan Majelis Pembimbing dan Pimpinan Satuan Karya Pramuka Pengawas Obat dan Makanan (Saka POM) kembali digelar oleh BBPOM di Serang, kali ini untuk pengurus tingkat Cabang Pandeglang masa bakti tahun 2023-2028. Pelantikan dilakukan di aula Kantor Balai Besar POM di Serang pada Rabu 1 November 2023.

Pelantikan dilakukan oleh Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Pandeglang, Dodo Djuanda, dengan disaksikan oleh Kepala Balai Besar POM di Serang, Mojaza Sirait, dan Wakil Ketua Bidang Binamuda dan Saka Kwartir Daerah Provinsi Banten, Neng Nurcahyati.

Dalam Surat Keputusan Kwartir Cabang Pandeglang Nomor 014 Tahun 2023, susunan Majelis Pembimbing (Mabi) dan Pimpinan Satuan Karya Pramuka Pengawas Obat dan Makanan (Pin Saka POM) melibatkan organisasi profesi yaitu IAI.

Perwakilan dari Pengurus Cabang Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Pandeglang juga dilantik sebagai Wakil Majelis Pembimbing (Mabi) Pangkalan Saka. Turut hadir menyaksikan pelantikan, sekretaris Pengurus Daerah IAI Provinsi Banten.

Baca Juga:  Mendagri: Jangan Ada Lagi Pengumpulan Massa di Tahapan Pilkada Berikutnya

Dalam sambutannya Mojaza menyampaikan, untuk mengoptimalkan pengawasan obat dan makanan diperlukan sinergisme antara Badan POM dengan berbagai lintas sektor, antara lain organisasi profesi dan juga Pramuka.

“sebagai tindak lanjut dari Pelantikan ini, Pramuka Penegak dan Pandega akan diberikan pembekalan pengawasan obat dan makanan, dan diperkenalkan pada 3 krida yang ada di Saka POM yaitu Krida Pengujian Obat dan Makanan, Krida Pengawasan Obat dan Makanan, dan Krida Informasi Obat dan Makanan,” jelasnya melalui keterangan tertulisnya kamis (2/11/2023).

Hal senada juga disampaikan oleh Dodo Djuanda dan Neng Nurcahyati, harapannya setelah Pelantikan ini, Mabi dan Pin Saka POM dapat mulai aktif menyusun strategi dan program terkait pengawasan obat dan makanan.

“antara lain dengan melakukan himbauan kepada seluruh Pramuka Penegak dan Pandega untuk dapat mengikuti akun media sosial Badan POM sehingga informasi terkini terkait obat dan makanan dapat diperoleh lebih cepat dan akurat,” ujar dodo

Baca Juga:  Pokja IV TP PKK Pusat Dorong Keluarga PKK Tanggap dan Tangguh Bencana

Neng Nurcahyati juga menambahkan perlunya peran serta aktif dan konsistensi dari Badan POM dalam menyediakan media informasi obat dan makanan pada akun media sosialnya.

“Dengan dilantiknya Mabi dan Pin Saka Pengawasan Obat dan Makanan (POM) tingkat cabang Pandeglang, diharapkan cakupan pengawasan obat dan makanan, serta masyarakat yang mendapatkan edukasi terkait obat dan makanan di wilayah Kabupaten Pandeglang akan semakin luas dan merata,” ungkap neng

Komentar