Muhammad Rizal Komisi IX DPR RI Gelar Sosialisasi Kesehatan Gema Cermat Bersama 600 Masyarakat Mauk Tangerang

infobumi.com, KABUPATEN TANGERANG, – Dewan Muhammad Rizal Anggota Komisi IX DPR RI menggandeng Direktorat Jenderal Kefarmasian dan alat kesehatan Kementrian kesehatan RI menggelar kegiatan sosialisasi gerakan masyarakat hidup sehat Germas bersama 600 masyarakat Mauk Kabupaten Tangerang.

Kegiatan Germas tersebut bertemakan ‘sosialisasi gerakan masyarakat cerdas menggunakan obat (Gema Cermat) kepada stakeholder’. Kegiatan sosialisasinya bertempat di Futsal Maju Jaya Jl. Raya Mauk, Km. 20, RW.003, Desa Banyu Asih, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang, Banten, sabtu (22 Juli 2023).

Sosialisasi itu dihadiri narasumber dari Direktorat Pengelolaan dan Pelayanan Kefarmasian Kemenkes RI Ibu Ira Miranti S.si MHSM Apt, Perwakilan Dinas kesehatan Provinsi Banten ibu Ardhya Malahayati, dan dari Dinas kesehatan kabupaten Tangerang bidang pelayanan kesehaan Ibu Evi Nur Sa’adah. Serta Apoteker Eva Suryanih dan Nur Dianah Rahmatika.

Baca Juga:  Presiden Jokowi Tinjau Rumah Oksigen Gotong Royong

Muhammad Rizal Anggota Komisi IX DPR RI mengatakan kegiatan ini dalam rangka memberikan wawasan dan pengetahuan kepada masyarakat tentang pentingnya kesehatan.

“Kegiatan sosialisasi gema cermat ini merupakan upaya mewujudkan kepedulian, kesadaran dalam meningkatkan pemahaman masyarakat tentang pentingnya menggunakan obat secara tepat dan benar.” Jelasnya

“Masyarakat jangan membeli obat sembarangan di pinggir jalan. ada obat yang mahal tapi harganya murah itu kemungkinan obat palsu, jadi masyarakat jangan sampai tergiur itu, dikhawatirkan bukannya menyembuhkan malah menimbulkan penyakit baru.” terang dewan Muhammad Rizal Politisi PAN asal daerah pemilihan Banten III, Tangerang Raya.

Dewan Muhammad Rizal berharap dengan adanya sosialisasi ini, masyarakat dapat menyadari agar lebih berhati-hati dalam memilih dan menggunakan obat-obatan. Apabila membeli obat, baca aturan pakai. Dan lebih baiknya bila sedang sakit periksakan ke Dokter, Puskesmas, atau Rumah Sakit terdekat agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Baca Juga:  Muhammad Rizal Komisi IX DPR RI Bersama BKKBN Edukasi Masyarakat Perum Legok Indah Cegah Stunting

“Semoga kegiatan sosialiasi ini dapat memberikan manfaat kepada masyarakat, semoga kesehatan masyarakat kita menjadi semakin lebih baik lagi dan sejahtera” ungkapnya

Direktorat Pengelolaan dan Pelayanan Kefarmasian Kemenkes RI Ibu Ira Miranti mengatakan tujuan dari sosialisasi GEMA CERMAT ini adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang penggunaan obat yang benar dan meningkatnya pengetahuan masyarakat tentang penggunaan obat secara rasional.

Masyarakat harus dibekali tentang menggunakan antibiotik secara bijak yaitu dengan mengetahui dan memahami dengan 5 T.

1. tidak menggunakan antibiotik sendiri tanpa resep dokter, 2. Tidak menggunakan antibiotik untuk selain infeksi bakteri. 3. Tidak menyimpan antibiotik untuk persediaan di rumah. 4. Tidak memberikan sisa antibiotik kepada keluarga ataupun orang lain. 5. Tanyakan kepada apoteker informasi obat antibiotik.

“Kami menghimbau kepada masyarakat untuk menjaga kesehatan diri, kesehatan keluarga, dan kesehatan di lingkungan secara umum.” ujarnya

Baca Juga:  Kemendagri Dukung 3 Provinsi Baru di Papua Ikuti Pemilu 2024

Dalam sosialisasi tersebut masyarakat antusias melakukan tanya jawab dengan para narasumber tentang kesehatan dan masyarakat pun melakukan cek kesehatan yang telah di sediakan oleh tim medis.

Sekitar 600 peserta dari berbagai elemen masyarakat menghadiri kegiatan sosialisasi tersebut, seperti dari tokoh masyarakat, tokoh agama, kader puskesmas, kader posyandu, kader PKK, ibu-ibu pengajian, RT/RW, mahasiswa, dan pemudi-pemudi.

(Red)

Komentar