Siomay Bandung Gurih dan Nikmat, Rahasia Resep Lezat dari Bumi Pasundan

infobumi.com, Bandung, 24 Juli 2023 – Siomay Bandung merupakan salah satu hidangan legendaris dari Bumi Pasundan yang terkenal dengan cita rasa gurih dan kenikmatannya. Kini, rahasia resep siomay Bandung yang lezat akhirnya terungkap, mengungkapkan pesona kuliner khas Jawa Barat yang tidak pernah pudar.

Siomay Bandung adalah sajian tradisional yang populer di seluruh Indonesia, namun kelezatan dan keunikannya tetap tak tergantikan. Campuran daging ikan, ayam, atau udang segar yang disajikan dalam bentuk bola-bola lembut, dikukus hingga matang, lalu disajikan dengan kuah kacang dan ditaburi bawang goreng serta irisan ketimun yang segar.

Tentunya, kelezatan siomay Bandung terletak pada rahasia resep bumbu khas yang digunakan. Berikut adalah resep siomay Bandung yang lezat yang bisa Anda coba di rumah:

Bahan-bahan:
– 300 gram fillet ikan tenggiri, ayam, atau udang (pilih salah satu atau campur semua)
– 150 gram tepung tapioka
– 2 sendok makan tepung terigu
– 2 batang daun bawang, cincang halus
– 4 siung bawang putih, haluskan
– 1 butir telur
– 2 sendok makan minyak wijen
– 1 sendok teh gula pasir
– 1 sendok makan kecap ikan
– 1/2 sendok makan merica bubuk
– 1/2 sendok makan garam
– Daun pisang secukupnya untuk membungkus

Baca Juga:  Nikmatnya Makan Ayam Bakar Madu di "DAPOER DEWIE"

Bahan Bumbu Kacang:
– 150 gram kacang tanah, sangrai
– 3 siung bawang putih
– 4 buah cabai rawit (sesuai selera)
– 50 ml air matang
– 1 sendok makan gula merah, sisir halus
– 1/2 sendok teh garam
– 1 sendok makan air jeruk limau

Cara Membuat Siomay Bandung yang Lezat:

1. Potong fillet ikan, ayam, atau udang menjadi bagian kecil-kecil dan haluskan dengan food processor atau blender.

2. Campurkan daging yang sudah dihaluskan dengan tepung tapioka, tepung terigu, bawang putih, daun bawang, telur, minyak wijen, gula pasir, kecap ikan, merica bubuk, dan garam. Aduk hingga rata dan adonan bisa dipulung.

3. Ambil sejumput adonan, bulatkan, lalu kukus hingga matang, sekitar 20-25 menit. Ulangi proses ini hingga adonan habis.

4. Selagi siomay dikukus, siapkan bahan bumbu kacang. Haluskan kacang tanah, bawang putih, dan cabai rawit. Tambahkan air matang sedikit demi sedikit hingga bumbu kacang mencapai tekstur yang diinginkan.

Baca Juga:  Nikmati Aroma Kopi Di Kedai Coffee SAPoci Uus Kusmana

5. Setelah kacang halus, tambahkan gula merah, garam, dan air jeruk limau. Aduk rata dan tes rasa, sesuaikan dengan selera Anda.

Sajikan siomay Bandung dengan menggunakan daun pisang sebagai alas. Letakkan siomay di atas daun pisang, tuang bumbu kacang di atasnya, dan taburi dengan bawang goreng serta irisan ketimun. Siomay Bandung pun siap dinikmati dalam kehangatan keluarga.

Cobalah resep siomay Bandung ini di rumah dan rasakan kenikmatan cita rasa kuliner khas Jawa Barat yang telah melegenda hingga saat ini. Selamat mencoba!

(Red)

Komentar