Muhammad Rizal DPR RI Bersama BPOM Serang Gelar Sosialisasi KIE Obat dan Makanan Bersama Warga Binong Curug

infobumi.com, kABUPATEN TANGERANG, – Dewan Muhammad Rizal Anggota Komisi IX DPR RI bersama BPOM Serang menggelar kegiatan sosialisasi pemberdayaan masyarakat melalui komunikasi, Informasi dan edukasi (KIE) obat dan makanan bersama tokoh masyarakat di wilayah Kecamatan Curug, Kabupaten Tangerang.

Kegiatan sosialisasi tersebut di gelar kitri bhakti, Curug, pemda Tangerang. Sekitar 400 peserta dari berbagai elemen masyarakat antusias menghadiri kegiatan sosialisasi tersebut, seperti dari tokoh masyarakat, tokoh agama, kader PKK, ibu-ibu pengajian, RT/RW, mahasiswa, dan pemudi-pemudi.

Hadir sebagai narasumber Ketua tim informasi dan komunikasi BPOM Serang ibu Rhatih Eka Sasongko Apt. Mfarm bersama jajarannya, dan Muhammad Rizal Anggota Komisi IX DPR RI fraksi PAN.

Dalam sambutannya Dewan Muhammad Rizal mengatakan kegiatan ini dalam rangka memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada masyarakat tentang keamanan dan mutu produk obat, kosmetik, obat tradisional, pangan dan bahan berbahaya.

Baca Juga:  Sosialisasi Germas di Cibodas, Muhammad Rizal DPR RI Berikan Tips CERDIK agar Masyarakat Sehat

“Masyarakat harus cerdas dalam mengkonsumsi obat dan makanan. Terutama obat, gunakan sesuai aturan dokter, belilah pada sarana resmi seperti apotek, rumah sakit, dan klinik, karena penggunaan yang tidak tepat dapat merusak kesehatan kita, bila sedang sakit lebih baik berobat ke dokter,” terang dewan Muhammad Rizal Politisi PAN asal daerah pemilihan Banten III, Tangerang Raya, kamis (26/10/2023).

Menurut dewan Rizal jangan sampai masyarakat salah menggunakan obat dan makanan, dikhawatirkan akan menimbulkan penyakit baru. Oleh Karena itu harus berhati-hati. Bila menemukan produk yang mencurigakan lebih baik lapor ke BPOM.

Selain itu masyarakat pun harus hati-hati dalam membeli pangan makanan dikhawatirkan makanan tersebut mengandung bahan berbahaya seperti formalin, boraks, dan zat berbahaya lainnya.

“Kegiatan sosialisasi ini penting sekali untuk masyarakat, agar masyarakat kita megetahui obat dan makanan yang aman dan sehat, ini sangat penting sekali dalam upaya mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas.” Jelasnya

Baca Juga:  10 Juta Dosis Vaksin Sinovac Tiba di Indonesia, Siap di Distribusikan

Dewan Rizal pun menghimbau bagi masyarakat yang mempunyai usaha di bidang kuliner apabila ingin mendaftarkan produknya datang saja langsung ke kantor BPOM.

“Saya pun telah membantu masyarakat pelaku usaha kuliner dodol di legok, Semoga kegiatan sosialisasi ini dapat bermanfaat bagi masyarakat semuanya, semoga kedepan kesehatan masyarakat kita menjadi lebih baik,” ungkapnya

Sementara itu Ketua tim informasi dan komunikasi BPOM Serang Rhatih Eka Sasongko Apt. Mfarm mengatakan melalui sosialisasi ini diharapkan masyarakat dalam memilih obat dan makanan yang aman bisa dengan menggunakan aplikasi BPOM Mobile sehingga dapat menghindarkan diri dan keluarga dari bahaya Obat dan Makanan yang beresiko.

“Masyarakat harus pastikan Cek KLIK (Kemasan, Label, Izin Edar dan Kadaluarsanya) sebelum konsumsi Obat dan Makanan tersebut,” ujarnya

“Semoga kegiatan sosialisasi ini dapat bermanfaat bagi masyarakat, dan masyarakat pun bisa menerapkan pola hidup sehat dalam kehidupannya,” harapnya

Baca Juga:  Mendagri Minta Kepala Daerah Membuka Pemblokiran Jalan Yang Menghambat Distribusi Logistik Bahan Kebutuhan Pokok dan Kesehatan Masyarakat

Dalam testimoni kegiatan tersebut masyarakat mengungkapkan rasa terimakasihnya dan mengapresiasi anggota DPR RI fraksi PAN Muhammad Rizal yang terus gencar menggelar sosialisasi tentang kesehatan di wilayah Curug, kabupaten Tangerang.

(Red)

Komentar