Muhammad Rizal DPR RI Gandeng BKKBN Banten Sosialisasi KIE Program Bangga Kencana Cegah Stunting di Karang Tengah Tangerang

infobumi.com, KOTA TANGERANG, | Muhammad Rizal anggota Komisi IX DPR RI fraksi PAN bersama BKKBN mengelar kegiatan sosialisasi Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE) program bangga kencana bersama masyarakat karang tengah ciledug Kota Tangerang.

Kegiatan sosialisasi tersebut di hadiri 250 Warga dari berbagai elemen masyarakat, seperti dari kader perempuan, tokoh agama, ulama, Ketua RT/RW, Pemuda-pemudi, mahasiswa, Ibu-ibu, tokoh masyarakat dan lain sebagainya.

Hadir sebagai narasumber dari Kepala Perwakilan BKKBN Banten Drs H. Napis MM dan dari Dinas kesehatan Kota Tangerang Ibu Sevianti serta tim BKKBN.

Dewan Muhammad Rizal mengatakan kegiatan ini dalam rangka meningkatkan pengetahuan, sikap, dan perilaku keluarga dan masyarakat untuk dapat mewujudkan keluarga yang berkualitas terutama dalam pencegahan stunting.

“Kita mengajak masyarakat bersama-sama mewujudkan keluarga yang berkualitas. dengan memperbaiki pola hidupnya seperti makan yang bergizi. Peranan BKKBN dalam hal ini sangatlah strategis bagi masa depan bangsa dan negara. Nantinya akan muncul keluarga sehat, produktif, dan berkualitas,” jelas Dewan Muhammad Rizal Politisi PAN asal daerah pemilihan Banten III, Tangerang Raya, pada Rabu (25/10/2023).

Baca Juga:  Kemendagri Imbau Tiap Daerah Miliki Budaya Inovatif

Politisi PAN itu pun berharap semoga gencarnya kegiatan sosialisasi ini dapat terus menurunkan angka stunting di wilayah Kota Tangerang, dimana saat ini angka stunting di kota Tangerang 11,8 persen.

“pencegahan stunting itu perlu peranan semua pihak. Karena di masa yang akan datang generasi selanjutnya harus menjadi generasi emas. Menjadi anak yang cerdas pintar, IQnya tinggi, brilian, menjadi generasi penerus pemimpin bangsa yang hebat,” ungkap dewan Rizal yang gencar turun ke bawah menemui masyarakat konsituennya.

“semoga dengan adanya kegiatan ini semua keluarga dan masyarakat kita menjadi lebih proaktif, produktif dalam menjadikan keluarga berkualitas. Semoga masyarakat kita menjadi keluarga yang sejahtera, sehat, dan bahagia.” harapnya

Sementara itu dari Kepala Perwakilan BKKBN Banten Drs H. Napis MM mengungkapkan bahwa pemerintah sangat serius dalam menangani persoalan stunting.

Ia pun mengungkapkan semoga pemerintah Provinsi Banten baik kabupaten kota terus bersama-sama menangani persoalan stunting ini.

Baca Juga:  Dorong Persiapan Peresmian Provinsi Papua Tengah, Pokja II Satgas Pengawalan DOB Harap Jajaran Pemkab Semakin Solid

“semoga dengan adanya upaya kegiatan seperti ini dapat menurunkan stunting di wilayah Banten, Kota Tangerang dan lainnya. mudah-mudahan kedepannya kita bisa mencapai Zero News Stunting,” harapnya

Dari dinas kesehatan kota Tangerang Ibu Sevianti mengatakan stunting adalah gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak akibat kekurangan gizi kronik yang ditandai tinggi badannya berada di bawah standar.

Menurutnya pencegahan stunting di mulai dari mempersiapkan kesehatan calon pengantin sampai mempunyai anak, selanjutnya langkah orang tua pada anak yang dapat dilakukan ada beberapa hal yaitu perhatikan nutrisi sejak dalam kandungan.

“Perhatikan gizi seribu hari pertama anak. Peran orang tua untuk mencegahnya, memberikan ASI eksklusif dan imunisasi. Lakukan pemeriksaan rutin di puskesmas. Dan menggunakan akses sanitasi dan jaga kebersihan, anak diberikan gizi yang berprotein hewani, telur, dan sayuran, serta aktip minum tablet tambah darah dan vitamin,” jelasnya

Baca Juga:  Pemerintah Daerah se-Provinsi Lampung Diminta Cegah Korupsi Melalui Penguatan MCP

Sementara itu tokoh masyarakat setempat mengungkapkan rasa terimakasihnya dan mengapresiasi dewan Muhammad Rizal DPR RI fraksi PAN yang sering turun membantu ke masyarakat di wilayah kota Tangerang.

Dalam testimoni kegiatan tersebut masyarakat pun antusias dan meminta kegiatan sosialisasi tentang kesehatan seperti ini lebih digencarkan lagi oleh pemerintah bersama DPR RI, agar masyarakat menjadi tau betapa pentingnya kesehatan.

(Red)

Komentar