Muhammad Rizal DPR RI Sosialisasi Program JKN KIS Bersama BPJS Kesehatan di Kelapa Dua Tangerang

infobumi.com, KABUPATEN TANGERANG, – Muhammad Rizal anggota Komisi IX DPR RI dari fraksi PAN menggandeng BPJS Kesehatan Tangerang menggelar kegiatan sosialisasi tentang program jaminan kesehatan nasional JKN dan Kartu Indonesia Sehat KIS kepada masyarakat di Kecamatan Kelapa Dua Kabupaten Tangerang.

Kegiatan sosialisasi tersebut di gelar di gedung pertemuan Dian mustika joglo, Kelurahan Bonang, Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang. Sekitar 300 peserta dari berbagai elemen masyarakat antusias mengikuti kegiatan sosialisasi tersebut. Seperti dari tokoh agama, tokoh masyarakat, ibu-ibu, pemuda-pemudi, generasi Milenial, dan elemen lainnya.

Hadir sebagai narasumber dari BPJS Kesehatan Cabang Tigaraksa Tangerang Ibu Oktarisa Halida dan Bapak Syahrias Sidik, berserta tim BPJS Kesehatan.

Dewan Muhammad Rizal mengatakan kegiatan sosialisasi ini dalam rangka mengedukasi memberikan pengetahuan dan wawasan ke masyarakat tentang program JKN dan KIS BPJS Kesehatan. Karena BPJS Kesehatan merupakan salah satu program Pemerintah untuk membantu masyarakat dalam hak jaminan kesehatan dan untuk kebaikan masyarakat.

Baca Juga:  Kemendagri: RPJMD DKI Jakarta Dapat Dilakukan Perubahan

“BPJS Kesehatan ini memiliki beberapa manfaat yang bisa dinikmati secara langsung oleh setiap orang yang sudah menjadi peserta dari program jaminan kesehatan tersebut.” Kata dewan Muhammad Rizal Politisi PAN asal daerah pemilihan Banten III, Tangerang Raya, rabu (29/11/2023).

Politisi PAN itu menjelaskan BPJS Kesehatan memiliki tugas utama untuk memberikan perlindungan kesehatan secara mendasar bagi seluruh masyarakat Indonesia.

BPJS Kesehatan bukan hanya sebagai pelayan kesehatan. Namun sebagai juru bayar dari pelayanan kesehatan yang dirasakan.

“BPJS Kesehatan sebagai proteksi bagi kita, seperti pepatah sedia payung sebelum hujan. Saat kita mengalami kendala di kesehatan, maka kita langsung dapat merasakan pelayanan,” tutur dewan Rizal yang gencar turun ke masyarakat menemui Konsituennya.

Dewan Muhammad Rizal pun mengungkapkan dirinya sudah 90 sampai seratus tempat keliling ke masyarakat di Tangerang Raya untuk sosialisasi menggandeng mitra kerjanya di Komisi IX DPR RI.

Baca Juga:  Kapolri dan Panglima Tinjau Pelaksanaan Operasi Ketupat Maung 2021 di Merak

“Semoga apa yang saya lakukan dan perjuangkan dapat bermanfaat untuk masyarakat, dan masyarakat kita menjadi lebih baik lagi, semoga masyarakat kita sehat dan sejahtera,” ungkapnya

Selain itu dewan Rizal meminta kinerja BPJS Kesehatan agar lebih ditingkatkan lagi agar semakin baik dirasakan manfaatnya. Jangan sampai di keluhkan oleh masyarakat.

“Jangan sampai ada lagi masyarakat kita yang di tolak atau di permainkan oleh oknum rumah sakit, ketika masyarakat membutuhkan perawatan karena menggunakan BPJS, atau keluhan lainnya,” terangnya

“Semoga kegiatan sosialisasi ini bermanfaat dan diharapkan meningkatkan pengetahuan masyarakat serta mendorong peserta untuk terus menjaga kesehatan.” ungkapnya

Sementara itu ibu Oktarisa Halida mengatakan bahwa BPJS Kesehatan terus meningkatkan mutu layanan melalui optimalisasi inovasi dan sistem digitalisasi layanan dengan Mudah, Cepat dan Setara.

Seperti ada aplikasi Mobile JKN. Aplikasi ini sangat mempermudah masyarakat baik yang sudah menjadi peserta JKN-KIS maupun yang belum terdaftar. Dalam aplikasi Mobile JKN terdapat berbagai macam kemudahan.

Baca Juga:  Kemendagri Gelar Webinar, Bahas Dukungan Pemerintah dan Pemda Sukseskan Penyelenggaraan Tahapan Pemilu 2024

Yaitu kemudahan membayar dan mengubah data peserta, kemudahan mengetahui informasi data peserta dan keluarga, kemudahan mengetahui informasi tagihan dan pembayaran iuran, kemudahan mendapatkan pelayanan di fasilitas kesehatan, dan kemudahan menyampaikan pengaduan dan permintaan informasi seputar JKN-KIS.

“Pengguna Mobile JKN juga dapat mengecek lokasi jaringan fasilitas kesehatan baik tingkat pertama maupun lanjutan serta lokasi kantor BPJS Kesehatan yang berbasis GPS.” terangnya

Masyarakat yang akan mendaftarkan diri dan anggota keluarganya juga tidak perlu repot lagi untuk ke kantor BPJS Kesehatan, cukup men-download aplikasi ini sudah bisa melakukan pendaftaran Program JKN-KIS.

“Jaminan Kesehatan Nasional JKN bertujuan untuk melindungi seluruh penduduk Indonesia dalam sistem jaminan, sehingga pemerintah dapat memenuhi kebutuhan dasar kesehatan masyarakat yang layak dan baik, ujarnya

Dalam kegiatan tersebut dewan Muhammad Rizal pun memberikan bantuan makanan biskuit bergizi kepada ibu-ibu yang sedang hamil dan mempunyai balita.

(Red)

Komentar