Muhammad Rizal Komisi IX DPR RI Sosialisasi Program Jaminan Sosial BPJS Ketenagakerjaan Bersama Masyarakat Kota Tangerang

infobumi.com, KOTA TANGERANG, – Muhammad Rizal anggota Komisi IX DPR RI dari fraksi PAN gelar kegiatan sosialisasi tentang program jaminan sosial BPJS ketenagakerjaan kepada masyarakat di Kota Tangerang.

Kegiatan sosialisasi tersebut di gelar di aula bambu oju Karang Sari, Kecamatan Neglasari, Kota Tangerang, Jumat (2/12/2023). Sekitar 300 peserta antusias mengikuti kegiatan sosialisasi tersebut.

Hadir sebagai narasumber M Kautsar Abid kepala bidang kepesertaan BPJS Tangerang Cimone, Anggota DPR RI Muhammad Rizal, serta tim BPJS Ketenagakerjaan.

Dewan Muhammad Rizal mengatakan bahwa kegiatan ini dalam rangka mengedukasi masyarakat tentang program jaminan sosial BPJS ketenagakerjaan. Karena BPJS Ketenagakerjaan merupakan salah satu program Pemerintah untuk membantu masyarakat dalam hak jaminan sosial.

Dewan Rizal menjelaskan BPJS Ketenagakerjaan itu memiliki lima program jaminan sosial, yakni Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Pensiun (JP) dan Jaminan kehilangan pekerjaan.

Baca Juga:  Mendagri Minta Kepala Daerah Gaungkan Proteksi Diri dengan Masker

“Alhamdulillah gencarnya saya sosialisasi menggandeng BPJS, saya sudah membantu ribuan orang masyarakat menjadi peserta BPJS ketenagakerjaan,” jelas Muhammad Rizal Politisi PAN asal daerah pemilihan Banten III, Tangerang Raya.

Dewan Rizal menjelaskan Adapun program jaminan sosial yang di daftarkan yaitu Jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian. Bila mengalami kecelakaan kerja atau meninggal nantinya masyarakat mendapatkan santunan bantuan jaminan sosial dari BPJS Ketenagakerjaan.

“semoga apa yang kami lakukan dapat di rasakan manfaatnya oleh masyarakat, semoga masyarakat kita selalu dalam keadaan sehat,” ungkap rizal.

Selain itu Dewan Muhammad Rizal pun mengajak bagi masyarakat dan anak muda yang sedang mencari informasi lowongan ketenagakerjaan silahkan akses wabsite SIAPKerja Kementerian Ketenagakerjaan.

“disitu tersedia tentang lowongan pekerjaan, pelatihan, sertifikasi ataupun membangun bisnis, dan manfaatkan lainnya,” jelasnya.

Dewan Rizal Pun mengingatkan masyarakat bila ada yang ingin bekerja keluar negeri agar berhati-hati, cek dahulu legalitas penyalurnya dan keresmiannya.

Baca Juga:  TP PKK Pusat Gelar Jambore Nasional Kader PKK Tahun 2019

“Jangan sampai nantinya tertipu menjadi TKI ilegal, karena banyak sindikat dengan modus di iming-imingi gaji yang besar, oleh karena itu masyarakat harus berhati-hati,” ujarnya

Sementara itu Kautsar Abid kepala bidang kepesertaan BPJS Tangerang Cimone mengatakan semoga dengan adanya kegiatan sosialisasi ini masyarakat dapat mengetahui berbagai manfaat program jaminan sosial ketenagakerjaan.

“Semua profesi masyarakat bisa menjadi peserta BPJS ketenagakerjaan, pembayaran iurannya pun bisa melalui Indomaret Alfamart dan lainnya. masyarakat nantinya akan mendapatkan bantuan jaminan sosial dari BPJS ketenagakerjaan.” ungkapnya

Sementara itu tokoh masyarakat setempat mengungkapkan rasa senang bangga dan berterimakasih kepada dewan Muhammad Rizal yang telah menggelar kegiatan sosialisasi progam BPJS.

“terimakasih Bapak dewan Muhammad Rizal, dengan adanya kegiatan sosialisasi ini kami menjadi tau program bpjs, Semoga dewan Muhammad Rizal dapat terpilih kembali menjadi wakil rakyat di DPR RI, semoga kegiatan sosialisasi ini dapat berkesinambungan lagi,” ungkapnya

Baca Juga:  Kolaborasi dengan UI, BSKDN Kemendagri Perkuat Validasi Indeks Inovasi Daerah 2022

Dalam kegiatan tersebut dewan Muhammad Rizal pun memberikan bantuan makanan biskuit bergizi kepada ibu-ibu yang sedang hamil dan yang mempunyai balita, agar mereka tercegah dari stunting.

(Red)

Komentar