Muhammad Rizal DPR RI Bersama BPOM Serang Gelar Sosialisasi KIE Obat dan Makanan Bersama Warga Kresek dan Kronjo Tangerang

infobumi.com, KABUPATEN TANGERANG, – Muhammad Rizal Anggota Komisi IX DPR RI fraksi PAN bersama BPOM Serang Banten terus mengedukasi masyarakat Kabupaten Tangerang tentang obat dan makanan yang baik untuk digunakan atau di konsumsi.

Kali ini edukasi dilakukan untuk 500 orang warga Kecamatan Sukamulya Kabupaten Tangerang bertempat di Lapangan futsal sting Desa Sukamulya, Kecamatan Kresek Kabupaten Tangerang, kamis (11/1/2024). Dengan bertemakan ‘pemberdayaan masyarakat melalui komunikasi, Informasi dan edukasi (KIE) obat dan makanan bersama tokoh masyarakat.’

Adapun pesertanya dari berbagai elemen masyarakat, seperti dari kader puskesmas, kader posyandu, kader PKK, ibu-ibu pengajian, ketua RT/RW, mahasiswa, pemuda-pemudi, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan lainnya.

Sosialisasi itu di hadiri narasumber kepala balai besar pom serang Mojaza Sirait, S.Si, Apr bersama Ibu Ratih dan tim BPOM Serang.

Dewan Muhammad Rizal mengatakan kegiatan ini dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat tentang keamanan dan mutu produk obat, kosmetik, obat tradisional, pangan dan bahan berbahaya.

Menurut Dewan Rizal kegiatan sosialisasi ini sangat penting sekali untuk menambah pengetahuan atau wawasan masyarakat, guna melindungi masyarakat dari produk yang beresiko terhadap kesehatan.

Baca Juga:  Pancasila Jadi Kekuatan Bangsa Hadapi Pandemi Covid 19

“Kita harus hati-hati dalam membeli obat jangan sembarangan membeli obat, di khawatirkan bukannya menyembuhkan malah menimbulkan penyakit baru. Bila sedang sakit lebih baik langsung berobat ke dokter di puskesmas maupun rumah sakit,” kata Dewan Muhammad Rizal yang gencar turun ke masyarakat Dapil Konsituennya di Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, dan Tangerang Selatan.

Dewan Rizal menjelaskan masyarakat pun harus cerdas dalam membeli pangan makanan dikhawatirkan pangan tersebut mengandung formalin, boraks atau bahan pengawet zat berbahaya lainnya. Bila sudah tau lebih baik tidak di konsumsi.

“selain dari itu masyarakat harus cerdas dalam menggunakan kosmetik, masyarakat harus memperhatikan legalitas, kualitas dan keamanannya, serta lihat apakah sudah ada legalitasnya ijin dari BPOM. Di khawatirkan barang tersebut imitasi,” jelas Muhammad Rizal Politisi PAN asal daerah pemilihan Banten III, Tangerang Raya.

Dewan Rizal pun mengingatkan masyarakat terutama kaum laki-laki untuk tidak membeli obat kuat sembarangan di pinggir jalan yang tidak diketahui asli apa tidak, lebih baik di hindari, di khawatirkan menimbulkan penyakit baru di dalam tubuh.

Baca Juga:  Total Dana di APBD yang Telah Direalokasi untuk Covid-19 Mencapai 56,57 Triliun

Ia mengajak masyarakat sebelum membeli produk obat, kosmetik dan makanan masyarakat diminta ingat cek KLIK cek Kemasan, Cek Label, Cek Izin edar dan Cek Kedaluarsa.

“Kesehatan itu penting sekali, mari kita jaga anak-anak kita dengan memberikan makanan yang bergizi dan aman, menuju generasi selanjutnya di Tahun 2045 menjadi Generasi Emas, menjadikan generasi penerus pemimpin bangsa anak yang cerdas, pintar, brilian, kita berharap Indonesia menjadi negara maju di dunia sejajar dengan negara besar lainnya.” terang dewan rizal

“Semoga kegiatan sosialisasi ini dapat bermanfaat dan di pahami oleh masyarakat, semoga kesehatan masyarakat menjadi lebih baik dan sejahtera.” harapnya

Dalam materi yang disampaikan oleh Kepala BBPOM Serang, Mojaza Sirait menyebutkan bahwa saat ini terjadi peningkatan angka penyakit degenarif yang disebabkan oleh lifestyle masyarakat yang kurang baik. Oleh karena ini BBPOM di Serang hadir disini sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk memilih dan mengonsumsi Obat dan Makanan yang aman.

“Indonesia kan saat ini sedang menghadapi dua masalah besar di Bidang Kesehatan yaitu peningkatan penyakit degeneartif di kelompok usia produktif dan peningkatan masalah gizi buruk untuk kelompok balita dan keduanya ini disebabkan oleh gaya hidup dan pola konsumsi Obat dan Makanan yang salah seperti mengonsumsi pangan yang tidak aman, mengonsumsi obat dan obat herbat yang tidak sesuai aturan, hingga penggunaan kosmetik yang mengandung merkuri” ujarnya

Baca Juga:  PP Muhammadiyah Dukung Kebijakan Polri, Moderasi Beragama Hingga Pendekatan Humanis

Sementara itu tokoh masyarakat kresek dalam kegiatan tersebut mengatakan rasa terimakasihnya dan mengapresiasi dewan Muhammad Rizal DPR RI telah gencar menggelar kegiatan sosialisasi tentang kesehatan bersama masyarakat kresek, Kronjo, Gunung Kaler, serta dari berbagai wilayah Kabupaten Tangerang.

“Alhamdulillah dengan adanya kegiatan sosialisasi ini, kami sekarang menjadi tahu tentang pentingnya mengkonsumsi obat dan makanan yang sehat dan benar. kami pun merasa senang bisa semakin erat bersilaturahmi dengan dewan Muhammad Rizal, kami semuanya di sini dari berbagai wilayah merasa jadi keluarga besar dewan Muhammad Rizal, semoga beliau terpilih kembali menjadi DPR RI, sehingga beliau dapat terus membantu masyarakat Tangerang dengan berbagai programnya,” harap mereka.

(Red)

Komentar