Kapolda Banten Dampingi Kabaharkam Polri, Cek Pelabuhan Merak Untuk Pastikan Pengamanan

infobumi.com,Cilegon Banten
Kapolda Banten Irjend Pol Drs. Tomsi Tohir, Msi Sambut Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabaharkam) Polri Irjen Drs. Agus Andrianto., S.H.,M.H meninjau kesiapan Pengamanan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 di Pelabuhan penyeberangan Merak Kota Cilegon, Banten, sabtu (21/12/19).

Dalam kunjungannya, Kabaharkam Polri Irjen Drs. Agus Andrianto., S.H.,M.H didampingi Kakor Pol Airud Baharkam Polri Irjen Pol. Drs. Lotharia Latif, S.H.,M.Hum dan Dirregident Korlantas Polri Brigjen Pol Drs. Halim Pagarra, S.H.,M.H Dengan menggunakan Heli Dinas Kepolisian, rombongan disambut Oleh Kapolda Banten yang di wakili oleh Wakapolda Brigjen Pol Drs. Tomex Korniawan beserta Dir Polairud, Dirsamapta, Kapolres Cilegon, Manajer ASDP, dan pejabat utama lainnya di Landasan Helicopter PT. Indah Kiat Merak.

Usai disambut Wakapolda Banten, Kabaharkam Polri beserta Ka Kor Pol Airud selanjutnya menuju Pos terpadu operasi Lilin yang bertempat di terminal executive Merak Dermaga 6. Setibanya disana, rombongan menerima Paparan Kapolda Banten, yang di sampaikan oleh Wakapolda, terkait sistem dan teknis pengamanan arus mudik di wilayah hukum Polda Banten, Mulai dari Pintu Tol, khususnya Pelabuhan Merak, pengamanan wisata pantai anyar, Pantai Carita, Negeri diatas Awan, serta pengamanan gereja dan tempat ibadah lainnya.

Baca Juga:  Bidpropam Polda Banten Laksanakan Kegiatan Operasi Penertiban Strobo di Polda Banten

“Kami laporkan kepada bapak, kesiapan Polda Banten dan jajaran dalam operasi lilin untuk pengamanan masyarakat dan tempat, yang pertama adalah moda angkutan, yang kedua adalah tempat wisata, yang ketiga adalah tempat ibadah yaitu gereja ada 67 lokasi dan tempat ibadah lain yang tersebar di wilayah hukum Polda Banten” Ungkap Tomex Korniawan.

“pengamanan tempat dan masyarakat yang kita amankan dengan personil yang telah kita siapkan baik dari Polri, TNI, dan lintas sektoral, Dishub, ASDP Pramuka, Basarnas, Jasa Raharja, dan Tim Kesehatan” sambungnya.

Wakapolda Banten juga menyampaikan bahwa pada saat pelaksanaan pengamanan arus mudik Natal 2019 Polda Banten telah menyiapkan Pos Pengamanan yang di lengkapi dengan CCTV dan pelayanan tempat peristirahatan yang disediakan di beberapa titik. Pos Pengamanan telah di siapkan di Pelabuhan Merak, Anyar dan Carita, yang bertugas untuk melayani dan memberikan pertolongan kepada masyarakat. Selain itu, Polda Banten juga menyiapkan personil Dit Polairud beserta kapal patroli untuk melakukan pengawasan dan patroli di sepanjang laut dan pantai wilayah banten, serta menyiapkan Jet Ski yang melakukan patroli di pesisir pantai untuk melakukan himbauan kepada masyarakat yang akan berenang dan rekreasi di pantai.

Baca Juga:  Kapolda Banten Lakukan Cegah Dini Sampai Tindakan Hukum,Tapi Tetap Humanis

“Kami juga melaporkan bahwa situasi sampai saat ini untuk volume kendaraan di exit tol masih lancar terkendali dan tidak ada hal hal yang krusial” ujar wakapolda sambil memperlihatkan tampilan di CCTV

Dalam kunjungan ini Kabaharkam mengapresiasi Polda Banten dan Instansi terkait, terhadap sistem dan teknis pengamanan Nataru di wilayah hukum Polda Banten khususnya di Pelabuhan Merak yang dinilai berjalan dengan baik karena sinergitas pemangku kepentingan dalam rangka memberikan pelayanan terjalin dengan bagus, hal ini juga berdasarkan analisa dan evaluasi sistem pengamanan di hari lebaran lalu, dan saat ini jelang pam Nataru.

Usai menerima laporan dari wakapolda banten kabaharkam meninjau dermaga satu dan mengunjungi kantor ASDP Merak untuk memastikan semua berjalan lancar. Kita sama sama berdoa yah, semoga sinergitas antar lembaga baik Polri, TNI, ASDP, Pemda, Basarnas, Media dan lainnya, dapat berjalan sesuai dengan rencana kita dan pengamanan Nataru ini akan lebih bisa di rasakan manfaatnya oleh seluruh lapisan masyarakat. (Sukron)

Komentar