oleh

Terjadi 3 Kali Gempa Hari Ini Guncang Indonesia

Ilustrasi

 

Infobumi.com– Gempa kembali terjadi di Indonesia. Pada hari ini, setidaknya ada tiga gempa yang mengguncang Nusantara hingga pukul 19.00 WIB.

Gempa pertama pada hari ini terjadi di Nusa Dua, Bali. Lindu mengguncang pada pukul 03.23 WIB dengan kekuatan magnitudo 4,7.

Selain itu, gempa juga terjadi di perairan laut Banda. Gempa di wilayah ini terjadi hingga dua kali.

Informasi mengenai gempa ini di peroleh dari laman resmi milik Badan Meterologi,Klimatologi,dan Geofisika (BMKG) www.bmkg.go.id .pada senin (29/7/2019)

“Wilayah Indonesia yang dilalui cincin api memang rentan terjadi gempa bumi. Bahkan Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika mencatat setiap hari terjadi pergeseran lempeng sehingga mengakibatkan getaran gempa meski dalam magnitudo kecil sehingga tidak bisa dirasakan manusia.”

Untuk meminimalkan korban gempa, pengetahuan tentang bencana gempa dan mitigasinya harus terus diinformasikan kepada warga rawan bencana.

Berikut langkah yang harus dilakukan saat dan setelah gempa bumi terjadi seperti dikutip dari berbagai sumber:

Bila anda berada dalam ruangan lindungi kepala dan badan anda dari keruntuhan bangunan dengan bersembunyi di bawah meja dan lain-lain. Cari tempat yang paling aman dari keruntuhan goncangan, lari keluar apabila masih dapat dilakukan.

Jika berada di luar bangunan atau area terbuka, menghindar dari bangunan yang ada di sekitar anda seperti gedung, tiang listrik, pohon dan lain-lain. Perhatikan tempat anda berpijak hindari Apabila terjadi rekahan tanah.

kalo anda sedang mengendarai mobil, keluar Turun dan menjauh dari mobil, hindari jika terjadi rekahan tanah atau kebakaran.

Mungkin anda tinggal atau berada di pantai, jauhi pantai menuju ke tempat yang lebih tinggi untuk menghindari gelombang Tsunami.

Jika anda tinggal di daerah pegunungan hindari daerah yang mungkin terjadi longsor.

Dan jika anda berada dalam bangunan, keluar dari bangunan tersebut dengan tertib. Jangan menggunakan tangga berjalan atau lift gunakan tangga biasa.

 

Komentar

Berita Terkait