oleh

Salurkan Bantuan Lewat Pasar Murah, TP PKK Pusat Gandeng 20 Kelurahan di Jakarta Selatan

infobumi.com,Jakarta – Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Pusat menggandeng 20 kelurahan di Jakarta Selatan untuk menyalurkan bantuan lewat pasar murah. Kegiatan yang merupakan kerja sama TP PKK Pusat dengan TP PKK DKI Jakarta itu secara simbolis dibuka dan dilaksanakan di Kantor Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Pembangunan Daerah (Bangda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Kalibata, Jakarta Selatan, Rabu (5/5/2021).

Pada kegiatan yang dilaksanakan dengan protokol kesehatan ketat itu, Ketua Umum TP PKK Tri Tito Karnavian menyerahkan secara simbolis bantuan kepada Ketua TP PKK DKI Jakarta dan Ketua DWP Kemendagri, dan dilanjutkan dengan penyerahan kepada masyarakat penerima bantuan dari Kelurahan Pangadegan yang hadir secara langsung. Mereka mengenakan masker, dan secara tertib dipanggil sesuai nomor urut yang tertera pada kupon yang sudah dibagikan. Dengan demikian, masyarakat tetap menjaga jarak saat menerima bantuan.

Baca Juga:  7 Posko Pengungsian Didirikan Bantu korban Banjir Bandang Di Lebak Banten

“Sebagai simbolis, kami mengambil satu kelurahan diadakan di sini, yaitu Kelurahan Pangadegan. Mudah-mudahan di tengah pandemi seperti ini, kita masih bisa melaksanakan (penyaluran) bantuan-bantuan yang banyak, tetapi juga tidak menyalahi aturan protokol kesehatan dan PPKM Mikro,” kata Ketua Umum TP PKK Tri Tito Karnavian.

Pemberian bantuan dan pelaksanaan pasar murah yang dilaksanakan oleh Tim Penggerak PKK ini merupakan salah satu bentuk dukungan dan upaya aktif PKK membantu pemenuhan kebutuhan gizi masyarakat lewat makanan yang sehat dan dengan harga terjangkau.

“Dalam rangka Hari Raya Idul Fitri dan juga Hari Posyandu tanggal 29 (April) kemarin, kami dari TP PKK Pengurus Pusat ingin melaksanakan sesuatu yang ikut membantu masyarakat, dalam hal ini adalah masyarakat yang kita anggap sangat memerlukan akses mendapat makanan sehat,” kata Tri.

Baca Juga:  Gempa Bumi Magnitudo 5,0 Guncang Lumajang Jatim

Kegiatan ini juga sebagai wujud perhatian TP PKK terhadap masyarakat kurang mampu. Karena itu, kegiatan ini diprioritaskan kepada ibu hamil, ibu dengan balita, serta lansia yang memiliki Kartu Indonesia Sehat atau KIS/ memiliki kartu BPJS atau yang aktif menggunakan layanan posyandu. “Kami memperhatikan juga para masyarakat yang memerlukan, yaitu mereka yang mempunyai hak,” ujarnya.

Pelaksanaan Pemberian Bantuan Pemerintah dan Kegiatan Pasar Murah Tahun 2021 dilaksanakan tanggal 5-6 Mei 2021 pada 20 kelurahan di wilayah Jakarta Selatan, dengan diawali penyerahan secara simbolis dari Ketua Umum TP PKK kepada penerima bantuan di Ditjen Bina Bangda Kemendagri.

Adapun penerima bantuan yaitu masyarakat dengan sasaran kepada ibu hamil, ibu dengan balita, lansia dan kader Posyandu di 20 kelurahan di wilayah Jakarta Selatan, dengan total bantuan sebanyak 3.000 paket.

Baca Juga:  Gempa Bumi Magnitudo 3,4 Guncang Kabupaten Bandung

”Kami bekerja sama dengan kelurahan agar kelurahan menyediakan masyarakat yang betul-betul sesuai dengan kriteria untuk menerima bantuan ini. Oleh sebab itu, kami mengucapkan terima kasih kepada perangkat kelurahan di Jakarta Selatan yang telah ikut berusaha agar paket bantuan pasar murah ini sampai kepada masyarakat yang betul-betul memerlukannya, yang sesuai dengan target yang kita inginkan,” imbuh Tri. (Red)

Puspen Kemendagri

Komentar

Berita Terkait