Hasil Survey IPO: Publik Puas dengan Kinerja WH

infobumi.com,Tangerang – Indonesia Political Penilaianon (IPO) mempublikasikan hasil survey pengukur pemahaman publik pada kinerja pemerintahan Propinsi Banten, dilaksanakan pada 29 November sampai 2 Desember 2021. Paparan hasil survey IPO memperlihatkan kepuasan pada kinerja pemerintahan Propinsi Banten pada umumnya menguasai memberikan kepuasan capai 63 %, dengan perincian benar-benar puas 4 % dan puas 59 %.

“Tingkat kepuasan publik atas kinerja pemprov Banten lebih tinggi dibandingkan kepuasan pada pemerintahan pusat, 63 % sebanding 51 %. Ini pertanda kerja hasil gubernur Wahidin Halim lebih dikenali dibandingkan kerja Presiden,” kata Dedi Kurnia Sah, Direktur Eksekutif IPO ke wartawan, Sabtu (11/12/2021).

Kepuasan publik pada kinerja pemprov Banten berdasarkan tiga aspek:

1. Distribusi bansos mendapatkan pemahaman benar-benar memberikan kepuasan 7 %, memberikan kepuasan 62 %.
2. Berkaitan kestabilan harga bahan dasar sepanjang
masa pandemi benar-benar memberikan kepuasan 11 %, memberikan kepuasan 53 %.
3. Terkait situasi politik dan penegakan hukum dipandang benar-benar memberikan kepuasan 6 % memberikan kepuasan 51 %.

Baca Juga:  Pokja I Satgas Pengawalan DOB Terus Pastikan Kebutuhan Pembangunan Provinsi Papua Selatan Terpenuhi

“Tiga sektor khusus yang difoto diketahui sektor politik dan penegakan hukum mendapatkan perhatian kepuasan terendah, tapi itu juga masih di atas 50 %. Keadaan ini dapat muncul karena dua sebab, keadaan sos-pol di propinsi Banten yang stabil, atau masyarakatnya yang condong taat pada keteguhan pemerintahan dalam jalankan pemerintah,” papar Dedi.

Secara khusus dalam bidang penanganan pandemi, sekitar 69 % responden mengatakan puas pada kinerja pemprov Banten. Pernyataan kepuasan itu didukung dengan tingkat kepuasan pada layanan kesehatan sebesar 61 %, transparansi informasi terkait pandemi 74 %, keberhasilan sosialisasi protokol kesehatan 49 %, dan ketegasan implementasi kebijakan PPKM sebesar 53 %.

Masih kata Dedi, penilaian berbeda terlihat dari pemahaman publik pada kinerja gubernur dan wakil gubernur propinsi Banten. Wahidin Halim mendapatkan tingkat kepuasan publik sebesar 68 %, dengan rincian sangat memuaskan 11 %, dan memuaskan 57 %.

Baca Juga:  Kemendagri Gelar Gowes HUT RI Ke 74

Sementara itu, Andika Hazrumy kantongi persepsi kepuasan sebesar 50 %, dengan perincian benar-benar memuaskan 3 % dan memuaskan 47 %.

“Perbedaan tingkat kepuasan masih dalam koridor rasional, di wilayah mana saja wakil selalu lebih rendah dibandingkan gubernur, tapi ini pertanda baik, karena gubernur lebih menguasai, bagaimana juga tanggung-jawab paling besar benar ada pada gubernur,” terang Dedi.(Red)

Komentar