BPBD Provinsi Banten Evakuasi 9 Orang Yang Terjebak Di Dalam Tanah Akibat longsor Di Citorek

infobumi.com,Lebak Banten – BPBD Provinsi Banten berhasil menyelamatkan 9 orang korban yang terjebak longsor tambang emas di Kp Ciusul Desa Citorek Barat Kecamatan Cibeber Kabupaten Lebak, Banten, minggu (8/12/2019).

Tim BPBD Provinsi Banten bekerjasama dengan TNI,Kepolisian, Sar, PMI, Relawan dan masyarakat.

Akibat dari longsor pada hari Jumat tersebut, terdapat beberapa daerah terkena dampaknya diantaranya, akses jalan Provinsi dan poros jalan desa masih terputus akibat timbunan material tanah.

Saat ini kondisi debit air dialiran sungai Cimadur sudah normal dan masyarakat sudah mulai kembali ke rumahnya masing-masing.

Tim gabungan BPBD Provinsi Banten pasca terjadinya longsor yang disebabkan curah hujan yang tinggi dan luapan sungai Cimadur, Tim gabungan melaksanakan pembersihan material longsor yang menutup akses jalan Gunung Luhur dan Desa Ciusal .

Baca Juga:  Gempa Magnitudo 6,3 Guncang Bangkalan Madura Tidak Berpotensi Tsunami

Pada pelaksanaannya, BPBD Provinsi Banten bersama personil gabungan yang terdiri dari, personil TNI, BPBD Kab. Lebak, SAR Lebak, PMI Lebak, Ormas/Relawan dan Masyarakat dengan menggunakan 5 unit alat berat.

9 orang masyarakat yang terjebak longsor dilubang bekas tambang emas berhasil diselamatkan oleh Tim Gabungan BPBD Provinsi Banten dan selanjutnya diadakan pemeriksaan medis oleh PMI Kab. Lebak.

Kepala Plt Kalak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Banten Kusmayadi menyampaikan, ” pasca terjadinya longsor akibat curah hujan yang tinggi dan luapan sungai, personil tim penanggulangan bencana gabungan terus malakukan pendataan agar tidak terdapat lagi korban akibat longsor”.

Selanjutnya, ” tim melakukan pembersihan material yang menutup jalan akibat longsor dan tim melakukan siaga untuk mengantisipasi terjadinya banjir susulan, ” terangnya. (Red)

Komentar