Muhammad Rizal DPR RI Bareng Kemenkes Sosialisasi Germas Percepatan Penurunan Stunting di Panongan

infobumi.com, Kabupaten Tangerang, – Dewan Muhammad Rizal Anggota Komisi IX DPR RI bersama Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan RI menggelar kegiatan sosialisasi tentang program kesehatan Germas di Kabupaten Tangerang.

Kegiatannya di gelar di Desa Ciakar, Kecamatan Panongan, Kabupaten Tangerang sabtu (1 Juli 2023). Kegiatan sosialisasi tersebut bertemakan ‘sosialisasi aksi Germas untuk percepatan penurunan dan pencegahan stunting’.

Kegiatan sosialisasi tersebut di hadiri narasumber dari tim Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan RI bapak Eko Prihastono SKM, MA, dan perwakilan Dinas Kesehatan Banten bapak Amsir, SKM, M.Kes, serta dari Dinkes Kabupaten Tangerang bidang sumber daya kesehatan dan pemberdayaan masyarakat bapak Achmad Basofi S.Kom.

Dewan Muhammad Rizal mengatakan kegiatan ini dalam rangka memberikan wawasan dan pengetahuan tentang program kesehatan.

Dengan bertujuan yaitu untuk mengedukasi masyarakat tentang pencegahan stunting, asupan Gizi baik, kebersihan, dan mengetahui pola hidup yang sehat dan benar, agar masyarakat terhindar dari berbagai penyakit.

Baca Juga:  Wadirlantas Polda Banten tinjau Pilkades di Kecamatan Cikeusik Kabupaten Pandeglang, Pastikan Prokes dan Pengamanan

“kegiatan sosialisasi germas ini gencar dilakukan agar masyarakat kita tahu bahwa kesehatan itu penting sekali, kita harus menyiapkan generasi selanjutnya menjadi generasi yang sehat kuat dan produktif, sehingga nantinya di masa depan menjadi generasi emas.” Jelas dewan Muhammad Rizal.

Muhammad Rizal Politisi PAN asal daerah pemilihan Banten III, Tangerang Raya itu pun mengajak masyarakat bila ingin terjaga kesehatannya harus menerapkan perilaku CERDIK.

“CERDIK itu merupakan singkatan dari Cek kesehatan secara berkala, Enyahkan asap rokok, Rajin beraktivitas fisik, Diet yang sehat dan seimbang, Istirahat yang cukup dan Kelola stres. Dan aspek sanitasi seperti menggunakan jamban. Masyarakat harus mengingat Cerdik agar sehat,” jelasnya

“Semoga kegiatan sosialisasi ini dapat bermanfaat dan di pahami oleh masyarakat, semoga masyarakat kita semua selalu sehat dan sejahtera,” harap dewan Muhammad Rizal.

Sementara itu Eko Prihastono dari Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan RI menjelaskan Pencegahan stunting terbaik sebaiknya dilakukan pada masa awal kehamilan.

Baca Juga:  Sambang RW, Polisi Tampung Masalah dan Aspirasi Masyarakat

Orang tua disarankan untuk mulai menerapkan pola makan seimbang dan gaya hidup sehat sedini mungkin. Dari awal masa kehamilan, pencegahan stunting dapat dilakukan dengan meningkatkan asupan zat besi dan asam folat untuk ibu.

“Dari masa kehamilan sampai anak berusia 2 tahun, harus di perhatikan dengan baik semuanya, asupan gizinya, periksa ke posyandu secara berkala, pola asuh baik, anak diberikan ASI, dan menjaga kebersihan di lingkungan,” ujarnya

Sekitar 600 peserta dari berbagai elemen masyarakat antusias menghadiri kegiatan sosialisasi tersebut, seperti dari tokoh masyarakat, tokoh agama, kader puskesmas, kader posyandu, kader PKK, ibu-ibu pengajian, RT/RW, mahasiswa, dan pemudi-pemudi.

(Red)

Komentar