Muhammad Rizal Komisi IX DPR RI Gandeng BPOM Serang Sosialisasi KIE Obat dan Makanan Bersama Masyarakat Curug dan Legok

infobumi. Com, KABUPATEN TANGERANG, – Kali ini Dewan Muhammad Rizal Anggota Komisi IX DPR RI fraksi PAN bersama BPOM Serang menggelar kegiatan sosialisasi pemberdayaan masyarakat melalui komunikasi, Informasi dan edukasi (KIE) obat dan makanan bersama tokoh masyarakat Curug dan Legok.

Kegiatan sosialisasinya di gelar di gedung pramuka kitri bhakti Curug, Kabupaten Tangerang. Pesertanya seperti dari tokoh masyarakat, tokoh agama, kader PKK, ibu-ibu pengajian, RT/RW, mahasiswa, Milenial, pemuda-pemudi, dan elemen lainnya.

Dewan Muhammad Rizal mengatakan kegiatan ini dalam rangka memberikan pengetahuan dan pemahaman edukasi kepada masyarakat tentang keamanan dan mutu produk obat, kosmetik, obat tradisional, pangan dan bahan berbahaya.

“Masyarakat harus cerdas dalam mengkonsumsi obat dan makanan. Terutama obat, gunakan sesuai aturan dokter, belilah pada sarana resmi seperti apotek, rumah sakit, dan klinik, karena penggunaan yang tidak tepat dapat merusak kesehatan kita, bila sedang sakit lebih baik berobat ke dokter,” terang dewan rizal, rabu (10/1/2024).

Baca Juga:  "Tahu Tauhid Lembang," Tahu goreng Garing Nikmat yang ada di Lembang Bandung

Selain itu masyarakat jangan membeli obat kuat tradisional sembarangan, dikhawatirkan bukannya kuat malah menjadi penyakit baru, seperti terjadinya over dosis dan mengakibatkan kematian.

“Kegiatan sosialisasi ini penting sekali untuk masyarakat, agar masyarakat kita megetahui obat dan makanan yang aman dan sehat, ini sangat penting sekali dalam upaya mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas.” Jelas dewan Muhammad Rizal Politisi PAN asal daerah pemilihan Banten III, Tangerang Raya.

Melalui Sosialisasi ini diharapkan masyarakat dalam memilih obat dan makanan yang aman bisa dengan menggunakan aplikasi BPOM Mobile sehingga dapat menghindarkan diri dan keluarga dari bahaya Obat dan Makanan yang beresiko.

“Pastikan Cek KLIK (Kemasan, Label, Izin Edar dan Kadaluarsanya) sebelum konsumsi Obat dan Makanan tersebut,” ujarnya

Baca Juga:  Gurihnya Kuah di "Tongseng77"

“Semoga kegiatan sosialisasi ini dapat bermanfaat bagi masyarakat, dan masyarakat pun bisa menerapkan pola hidup sehat dalam kehidupannya, semoga masyarakat kita sehat semuanya,” harap Dewan Rizal

Sementara itu Kepala BBPOM Serang Mojaza Sirait menyampaikan masyarakat harus diberikan edukasi tentang memilih obat dan makanan aman sehingga menjadi konsumen Cerdas.

Dalam kegiatan sosialisasi tersebut masyarakat juga diberikan contoh kasus yang terjadi di masyarakat sepanjang tahun 2023 sebagai akibat dari konsumsi Obat dan Makanan yang tidak aman dan tidak memiliki izin edar dari Badan POM, antara lain kasus keracunan, kasus kosmetika mengandung bahan berbahaya dan kasus penyalahgunaan obat.

“Konsumsi obat-obatan yang tidak sesuai dosis atau aturan pakai, misal obat kuat, dapat menyebabkan kegagalan fungsi organ tubuh dan dapat berakibat kematian, sehingga masyarakat dihimbau untuk membeli obat di Apotek dan berkonsultasi dengan Apoteker.” jelasnya

Baca Juga:  Daun Dewa, Rahasia Kesehatan dan Kelezatan ala Masakan yang Menakjubkan

Ia menyampaikan bagi masyarakat yang ingin mendaftarkan produk usahanya atau berkonsultasi datang saja ke kantor badan pom di wilayah setempat.

Sementara itu para tokoh masyarakat Legok dan Curug mengapresiasi dewan Muhammad Rizal DPR RI dari fraksi PAN yang sering turun ke masyarakat di wilayah konsituennya.

“kegiatan sosialisasi ini sangat mencerdaskan masyarakat sehingga masyarakat kita dapat mengetahui pentingnya kesehatan. terimakasih dewan Muhammad Rizal, kami bangga dan merasa jadi keluarga besar beliau, semoga kegiatan ini dapat terus berkesinambungan lagi, semoga dewan Muhammad Rizal terpilih kembali di DPR RI, sehingga kita terus bersama bersinergi membangun wilayah kita lebih maju lagi,” ungkap mereka.

(Red)

Komentar