Resep dan Panduan Membuat Babi Guling untuk Pesta Lebaran atau Acara Spesial

infobumi.com, Di tengah euforia menyambut hari raya dan acara-acara spesial, salah satu hidangan yang tak boleh terlewatkan adalah babi guling. Berikut adalah panduan langkah demi langkah untuk membuat babi guling yang lezat dan menggugah selera:

Bahan-bahan yang Diperlukan:
– 1 ekor babi berukuran besar (sekitar 20-30 kg)
– Bumbu untuk marinasi (bisa mencampurkan bawang putih, jahe, ketumbar, garam, merica, dan bumbu-bumbu lain sesuai selera)
– Daun-daun aromatik (seperti daun salam, serai, dan daun jeruk)
– Tusuk sate atau tali untuk menjaga bentuk babi saat dipanggang
– Arang atau kayu bakar untuk memanggang

Langkah-langkah Pembuatan:

1. Persiapan Babi: Bersihkan babi dengan air mengalir dan keringkan dengan handuk bersih. Pastikan perut babi telah dibersihkan dengan baik.

2. Marinasi: Campurkan bumbu marinasi dalam wadah besar. Gosokkan bumbu tersebut secara merata ke seluruh permukaan babi, termasuk bagian dalam perut.

Baca Juga:  "Martabak SB 777," Mencoba Martabak Manis Viral dengan Topping Melimpah

3. Pengisian Perut: Isi perut babi dengan daun-daun aromatik seperti daun salam, serai, dan daun jeruk. Hal ini akan memberikan aroma yang khas pada daging saat dipanggang.

4. Penjepitan: Gunakan tusuk sate atau tali untuk menjepit kaki dan perut babi agar tetap dalam posisi yang rata dan tidak berubah saat dipanggang.

5. Panggangan: Panaskan arang atau kayu bakar dalam tungku atau panggangan besar. Letakkan babi yang sudah disiapkan di atas panggangan dan panggang dengan api sedang, sesekali dibolak-balik untuk memastikan matang merata.

6. Pemangkasan: Selama proses pemanggangan, pastikan untuk memangkas lemak berlebih yang menetes agar tidak menimbulkan percikan api.

7. Pengolesan: Setelah beberapa jam pemanggangan, oleskan sisa marinasi atau minyak untuk menjaga kelembaban dan menambah rasa pada permukaan babi.

8. Pemeriksaan Kematangan: Periksa kematangan babi dengan menusukkan tusuk atau pisau tajam ke bagian paha atau perut. Jika cairan yang keluar bersih, berarti babi telah matang.

Baca Juga:  Leker Salah Satu Makanan Unik Khas Indonesia

9. Penyajian: Angkat babi dari panggangan dan biarkan sebentar agar dagingnya bisa meresap. Potong-potong babi guling dan sajikan dengan nasi putih, sambal, dan sayuran segar.

Dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat membuat babi guling yang lezat dan memukau untuk dinikmati bersama keluarga dan teman-teman dalam acara spesial Anda. Selamat mencoba!

(Red)

Komentar