oleh

Astra Financial Memberikan Bantuan Ventilator Tangani Pandemi Covid-19

Astra International Tbk, menyerahkan tambahan ventilator yang merupakan alat bantu pernapasan dan komponen vital dalam menunjang hidup pasien Covid-19

 

infobumi.com– Astra Financial sebagai salah satu dari tujuh lini bisnis di bawah PT Astra International Tbk, menyerahkan tambahan ventilator yang merupakan alat bantu pernapasan dan komponen vital dalam menunjang hidup pasien Covid-19 yang tengah dalam kondisi kritis.

Pemberian bantuan ventilator menjadi salah satu bentuk kontribusi Astra Financial untuk mendukung upaya tenaga medis di rumah sakit sesuai dengan motto Nurani Astra Berbagi untuk Negeri.

Sebanyak tiga ventilator diserahkan kepada Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi bertempat di Aula Rumah Dinas Gubernur Sumatera Utara pada Senin (14/9/2020). Penyerahan ini menyusul dua ventilator sebelumnya yang diserahkan ke Gubernur Sumut pada 19 Juni 2020 lalu.

Director In Charge (DIC) Astra Financial, Suparno Djasmin mengatakan di tengah kondisi pandemi seperti sekarang ini, ventilator menjadi kebutuhan yang sangat krusial di mana-mana, untuk membantu pasien Covid-19.

“Kami dari Astra benar-benar merasa terpanggil dalam kondisi saat ini,” ujar Suparno Djasmin melalui siaran pers, Senin (14/09/2020).

Astra mengupayakan pengadaan ventilator di beberapa provinsi, di mana hari ini adalah penyerahan kedua dari Astra Financial sebanyak tiga unit ventilator yang berasal dari PT Federal International Finance (FIFGROUP).

“Kami berharap Bapak Gubernur bisa menerima dengan baik bantuan Astra Financial ini untuk diserahkan ke rumah sakit yang sangat membutuhkan,” tambahnya.

Adapun Untuk gelombang ketiga ini, pemberian ventilator pertama dari Astra Financial telah diserahkan kepada Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo pada 9 September 2020 lalu, yang bertempat di Kantor Gubernur Provinsi Jawa Tengah.

Kelima unit ventilator tersebut berasal dari PT Astra Sedaya Finance (ACC) sebanyak dua unit dan PT Asuransi Astra Buana (Asuransi Astra) sebanyak tiga unit.

Sebelumnya, pada 27 April 2020, Grup Astra di bawah komando PT Astra International Tbk pada tahap pertama telah membantu dan membagikan 30 ventilator kepada tiga rumah sakit yang menjadi rujukan pasien Covid-19 di Jakarta.

Adapun rumah sakit tersebut yaitu Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto (15 unit), Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet (10 unit), dan Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Prof. Dr. Sulianti Saroso (lima unit).

Dengan tujuan membantu pasien positif Covid-19 yang dirawat di institusi kesehatan tersebut. Kemudian, pada tahap kedua Grup Astra menyalurkan 10 ventilator ke wilayah Sumatera Utara, Sumatera Barat, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan dan Papua pada bulan Juni – Juli 2020 lalu.

Astra Financial membantu menyerahkan dua unit ventilator di Sumatera Utara, tepatnya tanggal 19 Juni 2020. Pada tahap ketiga, Grup Astra juga saat ini tengah menyerahkan sebanyak 40 unit ventilator.

“Astra Financial mendapat porsi 15 unit ventilator di mana lima ventilator telah disalurkan untuk Provinsi Jawa Tengah dan dilanjutkan dengan penyerahan yang kedua di Sumatera Utara hari ini,” ungkapnya.

Ia mengatakan dalam waktu dekat ini, Astra Financial juga akan menyerahkan tujuh ventilator, yaitu lima unit ventilator dari PT Federal International Finance (FIFGROUP) yang dibagikan ke Jawa Barat (satu unit), Singkawang (satu unit), Nusa Tenggara Barat (satu unit), Bali (satu unit), serta dua unit ventilator dari PT Astra Sedaya Finance (ACC) yang diserahkan ke Jawa Barat.

“Sesuai dengan arahan PT Astra International Tbk kami kebagian 15 unit ventilator untuk diserahkan kepada pihak yang membutuhkan dalam merawat pasien Covid-19,” jelasnya.

Menurutnya, ini merupakan kontribusi dari perusahaan Astra Financial, yaitu PT Federal International Finance (FIFGROUP), PT Astra Sedaya Finance (ACC), PT Asuransi Astra Buana (Asuransi Astra) dalam membantu masyarakat di masa pandemi ini.

Kiprah Astra Financial Selama Pandemi Grup Astra melalui Nurani Astra telah menyerahkan bantuan senilai Rp131 miliar untuk masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19.

Astra Financial sebagai bagian dari Grup Astra juga mendukung program tersebut dengan memberikan bantuan kepada masyarakat terdampak mulai bulan April 2020, yaitu 10.000 paket sembako senilai Rp2 miliar untuk Sumatera Utara (Sumut) yang diserahkan langsung kepada Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi.

Rincian bantuan yang telah dilakukan oleh Astra Financial, yaitu pembagian sembako FIFGROUP dalam rangka turut membantu masyarakat yang terdampak Covid-19 dengan menyalurkan sebanyak 45.300 paket sembako @ Rp200 ribu (senilai Rp9,06 miliar) di 620 titik cabang di seluruh Indonesia dari tanggal 7 – 20 April 2020.

Sehingga, selama bulan April 2020 saja total paket sembako yang diserahkan Astra Financial sebesar 55.300 paket atau senilai Rp11,06 miliar.

Lima Lembaga Jasa Keuangan (LJK) dalam Astra Financial (PT Astra Sedaya Finance – ACC, Asuransi Astra Buana — Asuransi Astra dan PT Toyota Astra Financial Services – TAF, PT Komatsu Astra Finance – KAF, PT Surya Arta Nusantara Finance – SANF), secara bertahap telah menyerahkan bantuan sembako kepada masyarakat terdampak Covid-19 sebanyak 12.590 @ Rp200 ribu (senilai Rp2,518 miliar), sehingga total yang diserahkan seluruh Astra Financial per 12 Mei 2020 mencapai 67.890 paket (senilai Rp13,578 miliar).

Kemudian, tiga Lembaga Jasa Keuangan (LJK) dalam Astra Financial (PT Astra Welab Digital Arta – AWDA, PT Astra Aviva Live, PT Astra Mitra Ventura – AMV) dan PT Serasi Auto Raya (SERA) juga telah menyerahkan bantuan sembako sebanyak 3.370 paket kepada masyarakat terdampak Covid-19 di berbagai wilayah @ Rp200 ribu (senilai Rp674 juta), sehingga total bantuan sembako seluruh Astra Financial dan SERA per 13 Mei 2020 mencapai 71.260 paket (senilai Rp14,252 miliar).

Selain itu, Astra Financial juga memberikan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) di berbagai Rumah Sakit di beberapa provinsi. Sebutnya, semua ini adalah komitmen Astra Financial bersama-sama perusahaan yang ada di dalamnya untuk turut serta merasakan kondisi saat ini dan membantu masyarakat keluar dari masalah kesehatan yang disebabkan oleh pandemi Covid-19.(Red)

 

 

Komentar

Berita Terkait