Viral Perilaku Emosional Pengemudi di Jalan Raya, Sony Susmana Berikan Solusi untuk Menghindari Bahaya

infobumi.com, Jakarta- Sebuah video yang diunggah ke Tiktok oleh akun bernama weeldan memperlihatkan dua kendaraan yakni Mitsubishi Pajero Sport dan Daihatsu Sigra yang sama-sama tidak mau mengalah di jalan raya. Kedua mobil tersebut terus berdempetan dan bahkan hampir bersenggolan. Namun pada akhirnya mobil Daihatsu Sigra mengalah dan membiarkan Mitsubishi Pajero Sport lewat.

Menanggapi hal tersebut, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan bahwa banyak pengendara yang menjadi emosional ketika sudah di jalan raya, salah satunya karena tingkat kemacetan lalu lintas yang tinggi dan kondisi marka jalan yang tidak jelas. Hal ini sering kali membuat pengendara saling serobot untuk memiliki lajur dan berlomba-lomba mencapai tempat tujuan.

Sony menambahkan bahwa pengemudi yang memiliki perilaku defensive tidak akan terpengaruh dengan hal itu karena sudah terlatih perilaku, kewaspadaan, dan kesadarannya. Namun, pengemudi yang tidak stabil mentalnya akan mudah terpancing dan menjadi agresif di jalan raya, sehingga bisa menimbulkan bahaya bagi pengguna jalan lainnya.

Baca Juga:  Raih Predikat Zona Hijau Kepatuhan Standar Pelayanan Publik, Polres Metro Tangerang Kota Mendapat Penghargaan dari Ombudsman

Untuk menghadapi kondisi yang tidak terduga di jalan raya, Sony menyarankan agar pengemudi mempersiapkan mental dengan cara menjaga kestabilan emosi. Selain itu, pengemudi juga disarankan untuk tidak terlalu lelah ketika berkendara dan mengatur jadwal perjalanan dengan matang untuk menghindari gesekan dengan sesama pengguna jalan. Hal ini diharapkan dapat menjaga kepentingan bersama di tempat umum dan menciptakan jalan raya yang aman bagi semua pengguna.

(Red)

Komentar