Polresta Tangerang Polda Banten Gelar Upacara Hari Kesaktian Pancasila, Bangkit Bergerak Bersama Pancasila

infobumi.com, Tangerang- Polresta Tangerang Polda Banten menggelar Upacara Hari Kesaktian Pancasila yang diikuti 200 personel gabungan dari Polri dan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lapangan Apel Mapolresta Tangerang pada Sabtu (01/10).

Bertindak selaku Inspektur Upacara Kapolresta Tangerang Kombes Pol. Raden Romdhon Natakusuma, Komandan Upacara Wakasat Lantas Polresta Tangerang AKP. I Made Artana. Turut hadir Wakapolresta Tangerang AKBP Leonard M Sinambela dan Pejabat Utama Polresta Tangerang.

Adapun tema pada Hari Pancasila kali ini adalah Bangkit Bergerak Bersama Pancasila. Jalannya upacara diawali dengan pembacaan teks Pancasila oleh Inspektur Upacara, kemudian pembacaan naskah pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 oleh IPDA Yuandhika Kresna Sang Damar dan dilanjutkan dengan pembacaan naskah ikrar oleh IPDA Muhamad Darmansyah.

Baca Juga:  Dengar Aspirasi Pemda, Tim Pusat Lakukan Verifikasi Faktual ke 4 Pulau

Kapolresta Tangerang mengungkapkan jika upacara ini digelar serantak. “Hari ini secara serentak seluruh Indonesia Polda jajaran melaksanakan upacara memperingati Hari Kesaktian Pancasila,” kata Romdhon.

Tujuan digelarnya upacara ini adalah untuk memperingati jasa para pahlawan yang telah gugur. “Tujuan dilaksanakannya upacara ini adalah untuk memperingati bagaimana Pancasila diperjuangkan oleh pendahulu kita yang gugur sekaligus mencegah rongrongan dari dalam dan luar negeri yang dahulu pernah dialami bangsa Indonesia,” tambah Romdhon.

Terakhir, Romdhon berharap masyarakat dapat menjaga dan memelihara keutuhan Pancasila sebagai ideologi bangsa. “Harapannya dengan upacara Hari Kesaktian Pancasila ini kita semakin menumbuh kembangkan semangat mencintai Negara Kesatuan Republik Indonesia serta ikut memelihara keutuhan Pancasila. Mari kita jaga dan bangkit bersama memelihara Pancasila. Karena kita hidup di Negara Indonesia yang memilliki keragaman, banyak suku bangsa sehingga kita harus mempererat persatuan dan kesatuan,” tutup Romdhon.

Baca Juga:  Akselerasi Vaksinasi di Aceh, Kapolri Minta TNI-Polri Sinergi dengan Tokoh Agama dan Adat

(Red)